Menu
Sign in
@ Contact
Search
Moratelindo membentuk perusahaan patungan (Joint Venture/JV) dengan perusahaan investasi asal Jepang, Mitsui & Co Ltd, guna menggarap proyek pembangunan infrastruktur telekomunikasi Rp 2,64 triliun. JV ini juga nantinya mengembangkan infrastruktur pasif telekomunikasi lainya.

Moratelindo membentuk perusahaan patungan (Joint Venture/JV) dengan perusahaan investasi asal Jepang, Mitsui & Co Ltd, guna menggarap proyek pembangunan infrastruktur telekomunikasi Rp 2,64 triliun. JV ini juga nantinya mengembangkan infrastruktur pasif telekomunikasi lainya.

Investasi Rp 2,64 Triliun, Moratelindo-Mitsui Bentuk JV Garap Infrastruktur Telekomunikasi

Rabu, 16 Nov 2022 | 18:32 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA)atau Moratelindo membentuk perusahaan patungan (Joint Venture/JV) dengan perusahaan investasi asal Jepang, Mitsui & Co Ltd, guna menggarap proyek pembangunan infrastruktur telekomunikasi Rp 2,64 triliun. JV ini juga nantinya mengembangkan infrastruktur pasif telekomunikasi lainya.

Dalam JV tersebut, Moratelindo dan Mitsui akan berkolaborasi dalam hal technical know-how pembangunan infrastruktur pasif telekomunikasi, baik teknis sipil maupun teknis telekomunikasi. Sedangkan Mitsui akan berkontribusi dalam pengaturan penataan proyek dan Moratelindo akan berkontribusi dalam hal relasi-relasi dengan pemerintahan daerah.

Baca juga: Moratelindo (MORA) Siap Lunasi Obligasi Sebesar Rp 460 Miliar

Tidak hanya berkolaborasi dalam pengembangan infrastruktur pasif telekomunikasi, keduanya juga saling membuka peluang untuk menjalin kerja sama pengembangan infrastruktur pasif telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia mencakup proyek pembangunan ducting, menara telekomunikasi, pusat data dan kabel optik bawah laut.

Advertisement

VP Corporate Secretary Moratelindo Henry Rizard Rumopa menjelaskan, salah satu proyek yang akan dikerjakan bersama, yaitu pembangunan ducting dan menara telekomunikasi, sebanyak 860 site di beberapa kota besar di Indonesia. Nilai investasi diperkirakan mencapai Rp 2,64 triliun atau US$ 170 juta.

“Investasi ini ditargetkan berjalan sampai 2027 dan untuk permodalan akan disuntikkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan. Sumber dana selain dari JV bisa dari pinjaman bank,” jelasnya kepada Investor Daily, dalam konferensi pers, Rabu (16/11/22).

Baca juga: Moratelindo (MORA) Cetak Laba Bersih Rp 502 Miliar

Untuk diketahui, MoU tersebut ditandatangani oleh Resi Y Bramani selaku Chief of Strategic Business Office Perseroan dan Kazuhiro Azuma selaku General Manager, Fourth Dept., Division I (Asia), Infrastructure Projects Business Unit Mitsui. Penandatanganan MoU juga disaksikan oleh Direktur Utama PT Mitsui Indonesia, Shinichi Kikuchihara dan Direktur Utama perseroan yakni Galumbang Menak.

Baca juga: Beban Langsung Ditekan, Laba Bersih Moratelindo (MORA) Meloncat

Henry melanjutkan, komposisi dalam JV terdiri atas Moratelindo pemegang 51% saham dan sisanya dikuasai Mitsui sebesar 49%. Dengan hadirnya Mitsui ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap perseroan. Selain dapat memperluas ekspansi bisnis, kolaborasi dengan Mitsui diharapkan meningkatkan kualitas ekosistem layanan telekomunikasi dan digital yang berkelanjutan, serta mewujudkan smart city yang estetis guna menciptakan lingkungan kota yang lebih tertata dan bersih dari kabel optik yang ada diudara.

“Dan juga mendorong persebaran infrastruktur telekomunikasi kota yang merata serta mengembangkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pertumbuhan industri dan jasa telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com