Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
IHSG. Foto ilustrasi: IST

IHSG. Foto ilustrasi: IST

Investor Institusi Masih Setia di Pasar Saham

Nida Sahara dan Farid Firdaus, Jumat, 24 Mei 2019 | 08:42 WIB

JAKARTA- Para investor institusi, seperti pengelola dana pensiun (dapen), asuransi, manajer investasi (MI), dan BPJS Ketenagakerjaan masih menaruh optimisme yang tinggi terhadap prospek pasar saham ke depan. Mereka tetap percaya pasar saham domestik akan kembali masuk tren bullish meski selama tahun berjalan (year to date/ ytd) masih minus 2,61%. Itu sebabnya, para investor institusi tidak mengalihkan (switching) atau mengurangi alokasi investasinya di pasar saham.

Di sisi lain, instrumen portofolio di pasar domestik, baik saham, surat berharga negara (SBN), maupun obligasi korporasi, berpeluang menjadi tempat ‘berlabuh’ dana-dana hedge funds yang sedang diperebutkan negara-negara emerging markets.

Saat ini terdapat puluhan triliun dolar AS dana global yang dikelola fund manager untuk diinvestasikan pada instrumen portofolio yang paling menguntungkan. Pertumbuhan ekonomi rata-rata 5% per tahun merupakan salah satu daya tarik Indonesia di mata investor asing.

Dari puluhan triliun dana hedge funds di dunia, sekitar US$ 28,34 triliun dikelola sembilan MI yang sebagian besar bermarkas di Amerika Serikat (AS). BlackRock Inc tercatat memiliki dana kelolaan (asset under management/ AUM) terbesar dengan nilai US$ 6,3 triliun atau enam kali produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang tahun lalu mencapai US$ 1,02 triliun (kurs Rp 14.481 per dolar AS pada akhir Desember 2018).  

Hal itu diungkapkan Ketua Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) Suheri, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody AS Dalimunthe, Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) Irvansyah Utoh Banja, Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi, dan ekonom Bahana Sekuritas Putera Satria Sambijantoro. Mereka dihubungi Investor Daily secara terpisah di Jakarta, Kamis (23/5).

Baca selengkapnya di  https://subscribe.investor.id/

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA