Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Black Diamond Resources Tbk (COAL). (Foto: Perseroan)

PT Black Diamond Resources Tbk (COAL). (Foto: Perseroan)

IPO Entitas Milik Sujaka Lays, Black Diamond (COAL) oversubscribed 23,58 Kali

Rabu, 7 September 2022 | 08:29 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Black Diamond Resources Tbk (COAL) mencatatkan (listing) perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (7/9/2022).

Sebelumnya, perseroan melepas saham ke publik melalui skema penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sebanyak 1,25 miliar saham atau 20% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Harga saham perdana yang ditawarkan adalah sebesar Rp 100 per saham sehingga perseroan memperoleh dana hasil IPO sebesar Rp 125 miliar.

Baca juga: Satu Lagi Direktur Medco Energi (MEDC) yang Jual Saham Perseroan, Harganya Rp 887

Selama masa penawaran umum yang berlangsung dari tanggal 1, 2, dan 5 September 2022, COAL mencatatkan telah mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sekitar 23,58 kali atas saham yang ditawarkan, yang mana penyebaran pembeli saham tersebar pada 35 provinsi di seluruh Indonesia dan 16 negara di dunia.

Dalam keterangan resmi perseroan, Rabu (7/9/2022), dijelaskan bahwa adanya kelebihan permintaan ini merupakan salah satu bentuk kepercayaan investor ritel dan nonritel terhadap kondisi perseroan serta keyakinan atas potensi pertumbuhan perseroan di masa mendatang.

Dalam prospektus COAL disebutkan bahwa pengendali perseroan sekaligus ultimate beneficiary owner (UBO) adalah Sujaka Lays mengingat berdasarkan Peraturan OJK No. 9/2018 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka, Sujaka Lays telah memenuhi kriteria pengendali perusahaan terbuka yaitu memiliki saham perseroan lebih dari 50% dari seluruh saham dengan hak suara yang telah disetor penuh serta mempunyai kemampuan untuk menentukan, baik langsung maupun tidak langsung, dengan cara apapun pengelolaan dan/atau kebijakan perseroan.

Baca juga: Phintraco Sekuritas: IHSG Rawan Koreksi, Perhatikan Saham Sektor Energi dan Bahan Baku

Black Diamond Resources adalah perusahaan induk atas perusahaan pemegang IUP produksi batu bara, yang melakukan aktivitas penambangan di area Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com