Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu proyek PT Adhi Commuter Properti.

Salah satu proyek PT Adhi Commuter Properti.

IPO Kuartal IV, Adhi Commuter Properti Incar Dana Rp 1,7 Triliun

Kamis, 20 Mei 2021 | 22:46 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Adhi Commuter Properti (ACP), anak usaha PT Adhi Karya Tbk (ADHI), berencana melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham pada kuartal IV-2021. Dari IPO tersebut, perseroan menargetkan perolehan dana sebesar Rp 1,7 triliun.

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan SDM Adhi Commuter Properti Mochamad Yusuf menjelaskan, saat ini perseroan dalam tahap beauty contest untuk penunjukan underwriter. Pada akhir Mei atau awal Juni, perseroan akan memilih penjamin pelaksana emisi efek tersebut.

Menurut Yusuf, sebagian besar dana dari hasil IPO bakal dipakai untuk pengembangan perusahaan. “Sedangkan 20% akan digunakan untuk pembayaran utang," kata dia kepada Investor Daily, Kamis (20/5).

Sementara itu, baru-baru ini, perseroan telah melangsungkan penawaran umum obligasi I. Direktur Utama Adhi Commuter Properti Rizkan Firman menjelaskan, obligasi yang ditawarkan sebesar Rp 500 miliar tersebut sudah terserap semua.

Dana dari hasil penerbitan obligasi ini, lanjut Rizkan, akan digunakan untuk membiayai belanja modal perseroan. Belanja modal ini akan dipakai untuk mengembangkan portofolio dan menunjang ekspansi usaha. "Penerbitan obligasi akan menjadi langkah awal untuk pencatatan saham perseroan tahun ini," terang dia.

Obligasi diterbitkan dalam dua seri, yakni seri A dengan nilai pokok sebesar Rp 328 miliar, kupon sebesar 10,5% per tahun, dan tenor 367 hari. Seri B senilai Rp 9 miliar, tingkat bunga tetap sebesar 11%, dan tenor tiga tahun.

Sisa dari jumlah obligasi yang ditawarkan sebesar Rp 163 miliar pada seri A dan B akan dijamin secara kesanggupan terbaik. Bila jumlah dalam penjaminan kesanggupan terbaik tidak terjual sebagian atau seluruhnya, maka sisa yang tidak terjual tersebut tidak menjadi kewajiban perseroan untuk menerbitkan obligasi tersebut.

Obligasi yang mendapat peringkat BBB dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) ini mendapatkan pernyataan efektif pada 7 Mei 2021. Masa penawaran umum berlangsung pada 11 dan 17 Mei 2021, tanggal penjatahan 18 Mei 2021, dan tanggal distribusi secara elektronik pada 20 Mei 2021. Lalu, pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 21 Mei 2021.

Sementara itu, PT Sucor Sekuritas bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi. PT Aldiracita Sekuritas Indonesia sebagai penjamin emisi. Adapun PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) sebagai wali amanat.

Rizkan sebelumnya menuturkan dana hasil obligasi tersebut akan dipakai untuk menambah landbank dan pendanaan sejumlah proyek. Rencana aksi korporasi tersebut muncul seiring mulai meredanya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2021 ini. Sehingga, perseroan memperkirakan pasar akan kembali normal mulai tahun ini.

“Adhi Commuter Properti pun sudah mencanangkan proyeksi bisnis untuk lima tahun ke depan untuk segmen usaha high rise, landed housing, dan commercial area,” katanya. Dalam lima tahun ke depan, Adhi Commuter Properti akan melakukan serah terima pada hampir seluruh Tower 1 dan Tower 2 dari proyek-proyek yang berjalan pada tahun 2020-2021. Dari proyek tersebut, perseroan optimistis bisa meraih pertumbuhan marketing sales dalam lima tahun ke depan sebesar 59,4%.

Hingga Maret 2021, perseroan telah membukukan kenaikan marketing sales 400% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Kenaikan ini memberikan sinyal bahwa pertumbuhan ekonomi sektor properti kembali pulih, meskipun belum sepenuhnya sama seperti sebelum pandemi Covid-19.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN