Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Itama Ranoraya Tbk

Itama Ranoraya Tbk

KENAIKAN PENJUALAN 2021 DITARGETKAN100%

Itama Ranoraya Bukukan Lonjakan Pendapatan Berkisar 90-95%

Minggu, 10 Januari 2021 | 17:59 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id -  PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) mencatatkan lonjakan pendapatan berkisar 90-95% menjadi sebesar Rp 540-550 miliar sepanjang 2020, dibandingkan raihan tahun 2019 senilai 281,8 miliar. Pertumbuhan tersebut juga berimbas terhadap peningkatan signifikan laba bersih.

Direktur Keuangan Itama Ranoraya Pratoto Satno Raharjo mengatakan, lonjakan pendapatan tersebut disumbangkan peningkatan penjualan produk-produk baru perseroan, seperti Swab Antigen Test dan mesin USG yang dipasarkan tahun 2020. Penjualan produk Swab Antigen Test milik Abbott dengan merek Panbio berkontribusi signifikan terhadap total penjualan perseroan.

Direktur Keuangan Itama Ranoraya Pratoto Raharjo
Direktur Keuangan Itama Ranoraya Pratoto Raharjo

“Pendapatan tahun 2020 berada di kisaran Rp 540-550 miliar atau bertumbuh sekitar 90-95% dari perolehan pendapatan tahun 2019 yang hanya sebesar Rp 281,8 miliar. Pencapaiaan tersebut jauh di atas target yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan laporan keuangan audit tahun buku 2020 ditargetkan selesai Februari tahun ini,” ungkapnya melalui keterangan resmi diterima Investor Daily di Jakarta, Minggu (10/1).

Lonjakan pendapatan tersebut, ungkap dia, berimbas terhadap pertumbuhan laba bersih perseroan berkisar 70-80% pada 2020, dibandingkan pencapaian laba bersih tahun 2019 yang hanya senilai Rp 33,2 miliar. “Pertumbuhan laba bersih dalam kisaran 70-80% tersebut jauh di atas target kami sebelumnya dalam kisaran 20%,” terangnya.

Bidik 100%

Sementara itu, Direktur Utama Itama Ranoraya Heru Firdausi Syarif mengatakan, pencapaiaan gemilang perseroan periode 2020 tersebut diperkirakan bertahan tahun ini. Bahkan, pertumbuhan bisa lebih tinggi tahun ini. Perseroan memasang target pertumbuhan pendapatan dan laba bersih tahun ini masing-masing berkisar 80-100%.

“Kami optimis penjualan produk non elektromedik (Suntikan ADS), Invitro seperti Swab Antigen Test, mesin plasma, dan USG masih tumbuh pesat tahun ini. Pertumuhan kinerja keuangan tahun ini juga akan didukung pemasaran produk baru dalam portofolio produk kami, yaitu Avimac dengan target pemasaran mulai tahun ini” ungkap heru.

Perseroan menargetkan penjualan produk bermerk Avimac berupa immunomodulator untuk peningkatan imun tubuh guna mempercepat penanganan Covid-19 di lndonesia diharapkan berimbas terhadap kinerja keuangan perseroan. Produk ini sudah diproduksi di Australia dan sudah memasuki uji klinis tahap III di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Pertumbuhan kinerja keuangan perseroan, ungkap dia, juga bakal didukung pengoperasioan penuh pabrik baru PT One Ject Indonesia (sister company) tahun ini. Pabrik tersebut memiliki kapasitas terpasang sebanyak 1,2 miliar miliar jarum suntik sekali pakai (ADS) dan safety needle per tahun. Perseroan akan menjadi penyuplai jarum suntik terbesar di ASEAN dengan target pasar secara global.

“Kami juga menyiapkan pertumbuhan unorganic yang mulai direalisasikan tahun ini. Hal ini sebagai upaya transformasi model bisnis perseroan dari medical equipment supplier menjadi manufacturer dan innovator peralatan medis. Transformasi tersebut akan membuka ruang inovasi yang besar bagi perseroan dan tentu menjadi modal kuat bagi Itama Ranoraya untuk menjaga ritme pertumbuhan dalam jangka panjang,“ terang Heru.

Itama Ranoraya adalah emiten yang bergerak dibidang peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi (Hitech Healthcare Solutions) sejak awal tahun 2000. Perseroan berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan kesehatan yang paling andal dan berorientasi pelanggan di Indonesia. Hingga kini, perseroan telah bekerja sama dengan produsen alat kesehatan terkemuka baik lokal maupun internasional, seperti Oneject, Abbott, Terumo, HMD, Balmed, iGene, dan lain-lain.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN