Menu
Sign in
@ Contact
Search
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Karya Wiwi Suprihatno dalam acara dialog bertajuk

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Karya Wiwi Suprihatno dalam acara dialog bertajuk "Jalan Panjang Menuju Pemulihan WSKT" yang digelar Mirae Asset Sekuritas, 4 Oktober 2022.

Jalankan 8 Strategi, Keuangan Waskita (WSKT) Mulai Sehat

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:00 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) sedang memfokuskan pemulihan melalui penerapan delapan langkah penyehatan keuangan yang berjalan sejak tahun lalu. Sejumlah langkah tersebut mulai memperlihatkan hasil yang ditunjukkan kenaikan laba bersih sebanyak 90% menjadi Rp 290 miliar pada semester I-2022.

Baca juga: Road King Beli Saham Jalan Tol dari Grup Waskita (WSKT) Rp 3,8 Triliun

Delapan langkah penyehatan keuangan Waskita terdiri atas proses restrukturisasi perseroan induk dan anak usaha, penjaminan pemerintah, penyertaan modal negara (PMN) dan rights issue, divestasi aset jalan tol, penyelesaian konstruksi, transformasi bisnis, serta implementasi GCG dan manajemen risiko.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Karya Wiwi Suprihatno menyampaikan, tahun 2021, perseroan telah menerima PMN sebesar Rp 7,9 triliun melalui penyertaan modal dan dilakukan right issue, di mana porsi publiknya bisa terserap Rp 1,54 triliun, sehingga totalnya mencapai Rp 9,4 triliun.

Dana yang diterima telah digunakan untuk modal kerja penyelesaian beberapa proyek jalan tol yang sedang berjalan. Ada enam ruas tol yang harus diselesaikan dengan PMN sebesar Rp 7,9 triliun, sedangkan sisanya untuk beberapa proyek infrastruktur strategis yang sudah on going.

“Waskita Karya pada 2021 berhasil memperbaiki fundamental dari sisi keuangan. Ini sebagai dampak dari kami mengimplementasikan delapan stream strategi penyehatan keuangan, di mana dalam implementasi program penyehatan ini, Waskita sangat didukung oleh seluruh stakeholder baik pemerintah, perbankan, dan masyarakat,” kata Wiwi Suprihatno dalam acara dialog bertajuk “Jalan Panjang Menuju Pemulihan WSKT” yang digelar Mirae Asset Sekuritas, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Waskita Karya (WSKT) Suntik Modal Pemegang Konsesi Tol Bocimi

Tahun lalu, setelah Waskita menyelesaikan restrukturisasi kredit dengan 21 lender perbankan, perseroan juga kembali mendapatkan dukungan fasilitas pendanaan dan surat utang yang dijamin oleh pemerintah. “Ini memberikan penguatan dari penyehatan Waskita, dan didorong juga oleh partnership strategic melalui penjualan atau divestasi beberapa ruas jalan tol kita yang telah beroperasi dan menghasilkan recurring income. Inilah yang menjadi tonggak perbaikan kinerja keuangan Waskita,” ungkapnya.

Pada Juni 2022, perseroan telah berhasil menunjukan pertumbuhan pendapatan usaha yang positif sekitar 6,09 triliun, meningkat 29,3% secara year-on-year. Pertumbuhan ini didukung oleh adanya perbaikan di beberapa segmen konstruksi jalan tol dan properti.

Baca juga: Rights Issue Disetujui, Waskita (WSKT) Incar Dana Rp 980 Miliar

“Kalau dilihat dari beban keuangan Waskita, ini juga menunjukkan adanya penurunan seiring dengan adanya restrukturisasi utang kami, dan juga perbaikan likuiditas kas kita, sehingga kami dapat secara bertahap memenuhi kewajiban finansial kami,” ujar Wiwi.

Dengan adanya perbaikan pada pendapatan usaha dan peningkatan produksi, penurunan beban keuangan, serta dari strategic partnership, pada Juni 2022 lalu Waskita berhasil mencatatkan laba bersih Rp 290 miliar, meningkat 90% dibandingkan tahun lalu. Saat ini total utang Waskita sekitar Rp 77 triliun yang secara bertahap akan terus dikurangi.

“Diproyeksikan sampai dengan tahun 2025, perseroan menargetkan dekonsolidasi utang sampai dengan kurang lebih Rp 23 triliun. Ini dampaknya apa? Dampaknya debt equity ratio kita akan turun di kisaran normal. Sementara di tahun 2022 ini, kami memproyeksikan debt equity ratio kami pada kisaran 2-3 kali dibandingkan modal kami,” ujar Wiwi.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com