Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kereta Api PT KAI . Foto ilustrasi: Portal ID/gora kunjana

Kereta Api PT KAI . Foto ilustrasi: Portal ID/gora kunjana

KAI Segera Tawarkan Obligasi Rp 2 Triliun

Farid Firdaus, Rabu, 2 Oktober 2019 | 21:37 WIB

JAKARTA, investor.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) segera melakukan penawaran obligasi II senilai Rp 2 triliun pada Oktober ini. Aksi ini merupakan yang kedua kalinya setelah KAI sukses memulai debutnya pada 2017.

Managing Director Danareksa Sekuritas Budi Susanto mengatakan, perseroan akan menjadi salah satu penjamin emisi dari aksi penerbitan obligasi KAI. Sebagai BUMN, obligasi KAI dinilai menjanjikan dan berpotensi diserbu investor.

“Sebagai BUMN yang bergerak di sektor transportasi, mereka punya nilai tersendiri sebagai penerbit di mata investor. Karena selama ini sektor keuangan dan perbankan yang paling banyak melakukan penawaran,” jelas dia di Jakarta, Rabu (2/10).

Sebagai informasi, KAI pernah menerbitkan obligasi I senilai Rp 2 triliun, yang terdiri atas dua seri pada November 2017. Seri A berjangka lima tahun dan seri B berjangka tujuh tahun. Ketika itu, tangkat kupon yang diraih berkisar 7,75%-8,25%. Minat investor yang membeli tercermin dari penawaran yang masuk, yakni mencapai lebih dari dua kali lipat atau Rp 5,2 triliun.

Penerbitan obligasi merupakan salah satu opsi KAI dalam memenuhi kebutuhan belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini. Salah satu proyek besar perseroan adalah light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi.

Budi menilai, likuiditas pasar obligasi Tanah Air diproyeksikan semakin luber pada kurtal IV-2019. Pasalnya, ada sekitar Rp 30 triliun obligasi yang jatuh tempo di sisa tahun ini. Namun, investor diperkirakan melirik obligasi dengan peringkat-peringkat yang bagus lantaran meningkatnya ketidakpastian pada ekonomi global.

Selain likuiditas, sejumlah kelompok investor seperti Dana Pensiun, serta Asuransi juga memiliki kewajiban untuk menempatkan sebagian portofolionya di pasar obligasi. “Karena kondisi uncertainty, justru investor akan cari aman dengan mencari obligasi yang high quality,” jelas dia.

Kompetisi

Oktober ini sejumlah korporasi berlomba-lomba menawarkan surat utang dengan bunga yang kompetitif. Salah satu BUMN yang belum lama ini sukses melangsungkan penawaran obligasi adalah PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Perseroan meraih Rp 2,71 triliun dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) obligasi dan sukuk III tahap V. Untuk seri obligasi, PLN meraih kupon 7,9%-9,9%.

Sementara itu, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) memutuskan untuk menahan aksi penerbitan obligasi Rp 3,5 triliun. Sedangkan, PT Bank Rakyat Indonesia TBk (BBRI) percaya diri menawarkan obligasi senilai Rp 5 triliun. Salah satu strategi BRI dalam penerbitan kali ini adalah, banyak menyasar investor retail. Surat utang dirilis dalam tiga seri dengan indikasi kisaran kupon 6,35%-8,21%.

Lebih lanjut, PT BCA Finance saat ini juga dalam masa penawaran awal (bookbuilding) dalam penerbitan obligasi III tahap I senilai Rp 1,5 triliun. Surat utang ini terdiri dari tiga seri dengan indikasi kisaran kupon 6,5% hingga 7,8%.  Perseroan akan melangsungkan penawaran umum pada 28-31 Oktober 2019.

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) juga menawarkan Rp 248 miliar. Masa penawaran akan dilakukan selama 11-15 Oktober. Obligasi BJBR dirilis dalam tiga seri dengan indikasi tingkat kupon 8,25%-8,75%.

Di sektor properti, PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) tengah melangsungkan penawaran umum untuk PUB III tahap II senilai Rp 700 miliar yang terdiri dari dua seri. Masa penawaran umum dilaksanakan pada 4-7 Oktober 2019. Tingkat kupon yang dipasang perseroan lumayan tinggi, yakni 9,12%-9,5%.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA