Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pekerja memeriksa kualitas ketebalan tiang pancang di salah satu plant Grup Waskita. (ANTARA FOTO/Moch Asim/ama)

Pekerja memeriksa kualitas ketebalan tiang pancang di salah satu plant Grup Waskita. (ANTARA FOTO/Moch Asim/ama)

Kapan Rights Issue Waskita (WSKT) Digelar? Ini Jawabannya

Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:43 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Waskita Karya Tbk (WSKT) tengah fokus melakukan pemulihan dengan delapan langkah penyehatan keuangan yang mulai dilakukan sejak tahun lalu. Salah satu dari delapan langkah tersebut adalah rights issue yang akan terealisasi pada kuartal IV-2022. Target perolehan dananya sebesar Rp 3,98 triliun.

“Tahun 2022 ini, kami akan kembali mendapatkan PMN (penyertaan modal negara) sebesar Rp 3 triliun, di mana penyerapannya masih melalui penerbitan saham baru. Tentunya kami harus menjaga komposisi kepemilikan Waskita antara pemerintah dan publik, dan upaya untuk meminimalisir risiko adanya dilusi,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Karya Wiwi Suprihatno dalam acara dialog bertajuk “Jalan Panjang Menuju Pemulihan” yang digelar Mirae Asset Sekuritas, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: 2023, Waskita (WSKT) Naikkan Target Kontrak Baru

Menurut dia, target perolehan dana rights issue tersebut untuk menjaga kepemilikan pemerintah sebesar 75%. Sisanya 25% adalah kepemilikan publik, dengan porsi dalam rights issue sebesar Rp 980 miliar. Dengan begitu, totalnya mencapai Rp 3,98 triliun. Dengan target dana tersebut, WSKT akan menerbitkan sebanyak 8,72 miliar saham.

Adapun untuk penggunannya, yaitu PMN yang sebesar Rp 3 triliun sudah dedicated untuk penyelesaian dua ruas tol, yaitu sebesar Rp 2 triliun untuk penyelesaian ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 112 km, dan Rp 1 triliun untuk penyelesaian ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 km.

Baca juga: Wow! Waskita Beton (WSBP) Ekuitasnya Kembali Positif, Laba Bersih Terbang 1.027%

“Untuk dana rights issue yang porsi publik, itu akan kami gunakan untuk modal kerja, proyek-proyek kami yang strategis yang saat ini masih on going,” jelasnya.

Baca juga: Rekomendasi Dipertahankan Beli, Begini Analisis Saham Jasa Marga (JSMR)

Wiwi menyampaikan, saat ini proses PMN dan rights issue tersebut masih menunggu terbitnya peraturan pemerintah. Diharapkan, paling lambat pada pekan kedua Oktober 2022, peraturan tersebut sudah terbit. Dengan demikian, WSKT bisa melanjutkan ke proses registrasi kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk kemudian melakukan rights issue

“Mudah-mudahan ini bisa dipercepat, sehingga proses kami juga bisa lebih cepat lagi dan dana bisa lebih efektif sebelum akhir tahun,” ujar Wiwi.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com