Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Investasi. Foto: Rawpixel (Pixabay)

Investasi. Foto: Rawpixel (Pixabay)

Kejora dan InterVest Pimpin Investasi di Distribusi Voucher

Thereis Love Kalla, Selasa, 13 Agustus 2019 | 23:21 WIB

JAKARTA, investor.id – PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), anak usaha PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN), telah menandatangani perjanjian jual beli (sales and purchase agreement/SPA) dengan Kejora Ventures untuk menjual sebagian saham PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk (DIVA).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Selasa (13/8), pembelian saham Distribusi Voucher dilakukan melalui InterVest Star SEA Growth Fund I, dana yang dikelola bersama oleh Kejora dan InterVest. Dana tersebut didukung oleh sejumlah mitra terkemuka, antara lain Korea Development Bank, Korea Venture Investment Corporation, NH Investment & Securities, Industrial Bank of Korea, dan Barito Pacific Group.

Namun, hingga berita ini diterbitkan, belum diketahui jumlah saham Distribusi Voucher yang dilepas oleh M Cash. Begitu juga dengan nilai transaksinya. Yang pasti, hingga akhir Juli 2019, M Cash memiliki 98 juta saham Distribusi Voucher atau setara 12,32%.

Kejora dan InterVest merupakan perusahaan modal ventura terkemuka, yang mengelola aset strategis dan portofolio perusahaan teknologi di berbagai industri, seperti fintech, supply chain, e-commerce, dan human capital. Total dana kelolaan (assets under management/AUM) secara gabungan lebih dari US$ 1 miliar.

Direktur M Cash Suryandy Jahja mengatakan, setelah transaksi ini, pihaknya yakin perseroan memiliki lebih banyak kekuatan untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar. Setelah transaksi, perwakilan fund akan ditunjuk untuk duduk di dewan Distribusi Voucher pada rapat umum luar biasa perseroan yang akan datang untuk menciptakan dan mendorong penciptaan nilai.

“Ini menjadi bukti kuat bahwa kami dapat menciptakan nilai yang signifikan dari berbagai investasi kami, dan secara bersamaan memungkinkan Distribusi Voucher untuk menjadi perusahaan digital yang lengkap,” ujarnya.

Direktur Distribusi Voucher Dian Kurniadi menambahkan, dengan mitra sekaligus pendukung yang kuat, perseroan dapat menciptakan penawaran komprehensif kepada mitranya, terutama usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Perseroan berharap dapat berkembang ke ranah pembiayaan, logistik, artificial intelligence (AI), IoT (Internet of Things), fulfilment, dan supply chain.

Sementara itu, Founding Partner Kejora Ventures Sebastian Togelang, menyatakan bahwa dengan kesempatan ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan Distribusi Voucher secara signifikan. “Kami percaya melalui kolaborasi ini, kami dapat mendorong pertumbuhan perseroan secara signifikan melalui sinergi dengan ekosistem dan jaringan kami di seluruh dunia,” ujar dia.

Akuisisi Pawoon

Sebelumnya, Distribusi Voucher Nusantara mengakuisisi 30% saham PT Alphanovation Digital Teknindo (AAT), pengembang Pawoon, sebuah platform point of sale (POS) berbasis cloud. Dengan investasi ini, perseroan berharap bisa mempercepat ekspansi di bidang pengembangan teknologi, inovasi produk, serta penjualan dan pemasaran.

Direktur Distribusi Voucher Nusantara Dian Kurniadi mengatakan, melalui akuisisi ini, perseroan akan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki oleh Pawoon untuk pengembangan yang lebih luas. "Platform dan basis pelanggan yang besar yang telah dimiliki Pawoon akan meningkatkan kekuatan bisnis Distribusi Voucher Nusantara," kata dia.

Sebagai langkah awal dari kerja sama ini, Distribusi Voucher Nusantara dan AAT telah meluncurkan smart outlet terbaru. Outlet ini menggabungkan teknologi smart outlet Distribusi Voucher Nusantara dengan platform Pawoon. Distribusi Voucher Nusantara merupakan anak usaha PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN).

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA