Menu
Sign in
@ Contact
Search
Armada taksi Zebra Nusantara

Armada taksi Zebra Nusantara

Keluarga Hary Tanoe Resmi Kuasai 51% Saham Zebra Nusantara

Kamis, 18 Maret 2021 | 12:43 WIB
Lona Olivia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Keluarga Hary Tanoe melalui PT Trinity Healthcare (THC) secara resmi menjadi pemegang mayoritas saham PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA) setelah mengakuisisi PT Infiniti Wahana (IW) yang tercatat sebagai pemilik 51% saham Zebra pada 9 Maret 2021.

“Manajemen Zebra juga telah memberikan kuasa kepada Rudy Tanoesoedibjo untuk melakukan tindakan operasional perusahaan dalam rangka pengembangan bisnis perseroan, berlaku per tanggal hari ini sampai dengan pengangkatan secara resmi oleh RUPS perseroan,” ujar Direktur Utama Zebra Nusantara Mulyadi dalam keterangan resmi, Kamis (18/3).

Pada 26 Februari 2021, THC telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (PJBB) dengan IW selaku pemegang saham pengendali Zebra. IW mempunyai sejumlah 665.186.134 saham ZBRA, yaitu 3.400 saham seri A dengan nominal Rp 500 per sahamnya dan 665.182.734 saham seri B dengan nilai nominal senilai Rp 100 per sahamnya.

“Pada kesempatan ini, dapat kami sampaikan bahwa THC telah merealisasikan pembelian saham IW pada 9 Maret 2021. Sebagai implementasi dari penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (PJBB) di Februari 2021 yang lalu,” kata pihak Manajemen THC.

Berdasarkan PJBB, THC sepakat untuk melakukan jual beli saham IW sebanyak 436.627.835 saham seri B atau sekitar 51% dari total saham yang disetorkan secara penuh dalam ZBRA dengan harga per sahamnya Rp 56.

Menurut Rudy Tanoesoedibjo, pengambil alihan ini dimaksudkan untuk mengembangkan bisnis perseroan dengan membangun sinergi bersama unit-unit usaha THC lainnya guna mencapai kemajuan perusahaan yang menjanjikan.

Sebagai informasi, Zebra Nusantara dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transportasi taksi dan jasa serupa lainnya. Selain mengoperasikan taksi di area Surabaya, perusahaan ini juga menyewakan jasa limusin di area kota tersebut. Zebra Nusantara telah mengoperasikan unit bisnisnya sejak tahun 1987 silam.

“Diharapkan bahwa dengan adanya pembelian saham IW oleh THC, THC dapat mengimplementasikan ekspansi unit bisnis yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia di masa mendatang,” ujar Manajemen THC.

Manajemen THC terdiri atas Juliati Hadi (komisaris) dan Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo (direktur). Perusahaan tersebut dimiliki Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo (90%), Juliati Hadi (9%), dan Gary J Tanoesoedibjo (1%). Data BEI menyebutkan, Zebra Nusantara listing perdana pada 1 Agustus 1991.

Perusahaan tersebut melantai di papan pengembangan. Sebelum pengambilalihan saham oleh THC, pemegang saham Zebra Nusantara adalah IW sebesar 77,7% dan masyarakat 22,3%.

Zebra Nusantara memiliki tiga anak usaha, yaitu PT Surabaya Artautama Bersama (jasa transportasi), PT Zebra Energi (jasa dan perdagangan lainnya), serta PT Zebra International Dry Port (jasa dan perdagangan lainnya), dengan kepemilikan saham masing-masing sebesar 96%, 99%, dan 75%.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com