Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kripto. (Pixabay)

Kripto. (Pixabay)

Ketua OJK-nya AS: Kripto Lain Akan Bernasib Serupa Seperti Terra LUNA dan UST

Selasa, 24 Mei 2022 | 15:27 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Pasar kripto sejatinya mengalami badai cukup besar, terdampak kasus Terra LUNA dan UST. Bahkan, Ketua Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC) Gary Gensler berpendapat bahwa akan terjadi kejatuhan serupa pada aset koin, buntut dari gagalnya Terra.

“Saya pikir akan banyak aset kripto lain yang akan gagal, seperti Terra. Jelas ada kekhawatiran kental di aset kripto. Dan itu akan merusak kepercayaan pasar yang sudah besar ini,” terang Gensler dilansir dari News Bitcoin, Selasa (24/5/2022).

Terjunnya aset UST dan LUNA tersebut menambah kekhawatiran besar antara regulator dan juga anggota parlemen. Belakangan, Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen menegaskan tentang pengetatan peraturan stablecoin, melihat kondisi bencana terjadi di UST.

Baca juga: Menyusul Keruntuhan Token LUNA, G7 Bahas Regulasi Aset Kripto

Ia pun menyebutkan bahwa perusahaan manajemen aset yang sudah terdaftar di Komisi Bursa dan Sekuritas AS tidak memiliki eksposur yang signifikan terhadap kripto. Gensler menerangkan bahwa kebanyakan aset kripto adalah sekuritas.

Maka dari itu ketua SEC tersebut mendesak kepada manajemen bursa kripto segera mendaftarkan ke Komisi Bursa dan Sekuritas. Ke depan SEC akan lebih ketat untuk melakukan tindakan hukum ketat bagi manajemen aset yang belum terdaftar.

Gensler mendapatkan banyak kritikan oleh beberapa kalangan. Tentang tindakan pendekatan sentrisnya terhadap aturan aset kripto. Dirinya menegaskan bahwa bulan ini SEC menambahkan dua kali lipat divisi penegakan kripto. SEC juga siap untuk menjadi polisi bagi para investor pasar kripto.

Baca juga: Perusahaan Ini Rugi Triliunan Akibat Investasi di LUNAPerusahaan Ini Rugi Triliunan Akibat Investasi di LUNA

Petinggi SEC tersebut menjelaskan bahwa tim regulasi SEC tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk mengawasi. Pastinya ucapan tersebut mengundang komentar beberapa kalangan.

Perwakilan AS Tom Emmer, menanggapi komentar dari Gensler tersebut. Tom menjelaskan bahwa Gensler telah menggunakan semua sumber dana dari pajak SEC untuk mengurusi kerasnya aset kripto. Terlihat seperti lelucon jika dirinya meminta dana lebih lagi ke Kongres.

“Anda sudah menghabiskan seluruh sumber dana dari pajak SEC dalam tindakan regulasi investasi kripto. Saat ini sumber dana untuk pekerjaan Anda sebenarnya tidak ada, sehingga meminta ke Kongres lagi? Itu sebuah lelucon,” katanya di Twitter.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN