Menu
Sign in
@ Contact
Search
GoTo. (Foto: Perseroan)

GoTo. (Foto: Perseroan)

Kolaborasi dengan Operator Taksi Terbesar Singapura Perkuat Fundamental Bisnis GOTO

Selasa, 29 Nov 2022 | 09:53 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Kolaborasi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melalui Gojek dengan operator taksi terbesar di Singapura, ComfortDelGro, membawa sentimen positif. Terutama, dalam rangka memperkuat segmen bisnis on-demand yang margin kontribusinya kian positif menuju titik impas (breakeven) pada kuartal pertama tahun 2023.

Deputy Head of Research Sucor Sekuritas Paulus Jimmy mengatakan, kerja sama dengan ComfortDelGro akan memperkuat fundamental bisnis GOTO secara jangka panjang. Sementara secara jangka pendek, aksi korporasi ini positif untuk memperkuat segmen bisnis on-demand perseroan.

Terlebih, GOTO saat ini sedang di jalur cepat mengejar breakeven dalam rangka menuju profitabilitas di layanan ini.

Baca juga: Breakeven Bisa Lebih Cepat, Intip Target Saham GOTO

Advertisement

”Ini (memperkuat bisnis on-demand mengejar breakeven) tentu saja akan menjadi sentimen positif untuk pergerakan harga saham GOTO, meski sifatnya juga hanya sementara. Karena jalan GOTO untuk mencapai profitabilitas (secara total) juga masih panjang serta masih banyak tantangan dari makroekonomi global,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (29/11/2022).

Dalam laporan kinerja kuartal III-2022, margin kontribusi on-demand services GOTO mulai positif mencapai 86% peningkatan quarter-on-quarter atau -0,5% sebagai persentase dari Gross Transaction Value (GTV). Manajemen GOTO menyampaikan bahwa pencapaian titik impas margin kontribusi segmen on-demand services ditargetkan menjadi positif pada kuartal I-2023.

Sedangkan untuk segmen e-Commerce melalui layanan Tokopedia ditargetkan menjadi positif pada kuartal IV-2023. Adapun margin kontribusi Grup GOTO akan menjadi positif mulai kuartal I-2024.

Baca juga: Efek Monetisasi dan Efisiensi, Kinerja GoTo Q3 Lebihi Ekspektasi

Melalui kerja sama dengan ComfortDelGro, lanjut Paulus, GOTO juga membuka peluang terhadap segmen bisnis lainnya, terutama segmen bisnis finansial. Sebab layanan keuangan GOTO, termasuk salah satunya sistem pembayaran digital, bisa mendapatkan manfaat dari kolaborasi ini.

”Tentu saja hal ini menjadi salah satu pilihan yang terbuka untuk pengembangan bisnis GOTO. Tetapi juga perlu dipahami bahwa masyarakat Singapura juga memiliki banyak pilihan dalam layanan pembayaran cashless, jadi persaingannya juga akan cukup ketat,” ujarnya.

Seperti diketahui, GOTO dan ComfortDelGro mengumumkan kerja sama yang salah satu tujuan strategisnya adalah mengatasi kekurangan mitra pengemudi di industri transportasi point-to-point di Singapura.

Baca juga: Kuartal III, GTV GOTO Tembus Rp 161 Triliun

Melalui kerjasama ini, layanan taksi ComfortDelGro bisa diakses melalui aplikasi Gojek. Kedua pihak juga akan menjajaki area kerjasama lainnya termasuk berbagi sumber daya yang akan menguntungkan pengemudi dan penumpang. Terdapat juga peluang pendapatan tambahan dari kendaraan listrik serta solusi lain seperti asuransi, pelatihan pengemudi, dan perawatan kendaraan.

”Upaya kolaboratif ini menandai tonggak penting tidak hanya untuk ComfortDelGro dan Gojek, tetapi juga untuk industri point-to-point (P2P) secara keseluruhan. Pengemudi dan pelanggan kami selalu menjadi inti dari apa yang kami lakukan,” kata Chief Executive Officer ComfortDelGro Private Mobility Group, Jackson Chia, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Ini Kompensasi untuk Karyawan GOTO, di Atas Standar lho!

Sementara itu, General Manager Gojek Singapura, Lien Choong Luen, mengatakan bahwa kerja sama dengan ComfortDelGro memungkinkan armada Gojek untuk lebih mampu memenuhi peningkatan permintaan perjalanan dan meningkatkan ketersediaan pekerjaan bagi pengemudi.

”Pengemudi adalah elemen penting dalam infrastruktur transportasi Singapura dan saya berharap pengumuman ini akan mendorong lebih banyak mitra pengemudi untuk mempertimbangkan bergabung atau kembali ke platform kami. Hari ini menandai awal dari hal-hal yang lebih menarik yang akan datang, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan ComfortDelGro untuk lebih meningkatkan industri point-to-point Singapura, menciptakan pengalaman mobilitas yang lebih baik untuk semua,” ujarnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com