Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

Komitmen Kliring Berjangka Indonesia Perluas Edukasi demi Tambah Investor

Selasa, 26 Januari 2021 | 19:46 WIB
Ghafur Fadillah

JAKARTA, investor.id - PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) berkomitmen untuk memperluas edukasi dan literasi masyarakat terkait investasi pada Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (PBK). Sejalan dengan industri PBK yang terus mengalami pertumbuhan, sebagai sarana investasi dan lindung nilai.

Direktur Utama Kliring Berjangka Indonesia Fajar Wibhiyadi mengatakan, pemahaman masyarakat terkait industri ini dinilai masih belum maksimal dan menjadi tantangan besar bagi KBI. Sebab itu, KBI senantiasa  mengajak semua pemangku kepentingan untuk melakukan kerjasama dan kolaborasi dalam memberikan edukasi dan literasi.

“Sudah menjadi kewajiban kami, sebagai salah satu Self Regulatory Organization (SRO) di Perdagangan Berjangka Komoditi,” jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (26/1).

Fajar menambahkan, apabila masyarakat teredukasi dengan baik, hal ini berpotensi meningkatkan jumlah investor baru kedepannya, mengingat banyaknya komoditas dan meningkatnya taraf ekonomi masyarakat. Namun, investor perlu memahami secara baik tentang investasi ini, terutama terkait resiko investasi yang ada.

Untuk diketahui, pada tahun 2020 lalu, KBI telah menginisiasi pembentukan KBI e-ducentre. Lembaga ini memiliki fungsi untuk melakukan edukasi, literasi dan riset terkait Perdagangan Berjangka Komoditi, Pasar Fisik Komoditas serta Sistem Resi Gudang.

Kegiatan edukasi ini merupakan implementasi core value BUMN yaitu AKHLAK, dimana salah satu nilai utamanya adalah AMANAH, dimana KBI mendapatkan amanah sebagai Lembaga Kliring Penyelesaian dan Penjaminan Transaksi.

“Kami memegang teguh kepercayaan yang diberikan pemerintah ini, dengan melakukan edukasi dan literasi untuk mengembangkan industri PBK,” ujarnya.

Hal yang senada diucapkan oleh Ketua Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo) F Wishnubroto memaparkan, edukasi ini hendaknya dilakukan secara berkelanjutan, karena masih banyak masyarakat yang belum memahami dengan baik investasi ini.

“Dalam pelaksanaannya, edukasi dan literasi harus dilakukan tepat sasaran, karena PBK sebagai salah satu sarana investasi yang memiliki risiko yang besar,” kata dia.

Sebelumnya, berdasarkan data KBI sepanjang tahun 2020 Industri Perdagangan Berjangka Komoditi berhasil mencatatkan kinerja positif dengan mencatatkan rekor volume transaksi Kontrak SPA di Bursa Berjangka Jakarta mencapai 7.767.855,4 lot, sedangkan Kontrak Primer mencapai 1.678.267 Lot.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN