Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas melakukan prosedur kebersihan intensif dengan cara mendisinfeksi pada fasilitas publik di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, Jumat (6/3/2020). Guna pencegahan terhadap penyebaran virus korona  pengelola jaringan Lippo Malls terus meningkatkan kebersihan dan menyediakan hand sanitizer di titik strategis serta melakukan pengecekan suhu demi memberi keyakinan dan kenyamanan bagi pengunjung. Foto: SP/Ruht Semiono

Petugas melakukan prosedur kebersihan intensif dengan cara mendisinfeksi pada fasilitas publik di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, Jumat (6/3/2020). Guna pencegahan terhadap penyebaran virus korona pengelola jaringan Lippo Malls terus meningkatkan kebersihan dan menyediakan hand sanitizer di titik strategis serta melakukan pengecekan suhu demi memberi keyakinan dan kenyamanan bagi pengunjung. Foto: SP/Ruht Semiono

Kunjungan Pulih, Lippo Karawaci (LPKR) Optimis Pendapatan Bisnis Mal Naik

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:47 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APBI) memprediksi pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat tingkat kunjungan mal berpotensi mencapai 80% hingga akhir 2022. Persentase itu meningkat dari pencapaian pada 2020 yang sebesar 50% dan sekitar 60% di tahun 2021, di tengah tingginya kasus Covid-19.

"Tingkat kunjungan ke mal atau pusat perbelanjaan dapat mencapai 70-80% pada akhir 2022, meningkat signifikan dari 2 tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut terlihat dari momentum hari libur lebaran, dimana kunjungan mencapai 3 juta orang per hari, naik 30% dari tahun sebelumnya sebanyak 2,3 juta orang per hari. Harapannya, tingkat kunjungan mal semakin meningkat hingga akhir 2022 mencapai 80%," jelas Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja.

Advertisement

Baca juga: Analis: Lippo Karawaci (LPKR) Berpotensi Raih Pendapatan Rp 15,96 Triliun Pada Tahun Ini

Proyeksi optimistis yang berkaitan dengan pertumbuhan jumlah kunjungan ke mal ini diperkirakan membawa dampak positif terhadap PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), yang melalui PT Lippo Malls Indonesia (LMI), saat ini mengelola 60 mal yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, serta Indonesia bagian Timur seperti Makassar, Manado, Bali, dan Kupang.

Di tengah puncak penularan varian Covid-19 Omicron, pilar bisnis Lifestyle LPKR, yaitu mal dan hotel, menunjukkan pemulihan pada kuartal I-2022 dengan meraih pendapatan sebesar Rp 249 miliar, naik 1,2% YoY (year on year) dari Rp 246 miliar pada kuartal I-2021. Sampai dengan bulan Maret 2022, jumlah pengunjung ke mal yang dikelola LPKR mencapai kapasitas pengunjung sebanyak 56% dibandingkan tahun 2021 yang hanya sebanyak 22% saat puncak penularan varian Delta. 

Baca juga: Jadi Tren, Lippo Karawaci (LPKR) Siap Bangun Rumah Tapak Lagi

CEO LPKR John Riady mengatakan bahwa tren pemulihan bisnis LPKR pada pilar bisnis Lifestyle terjadi seiring dengan penurunan kasus Covid-19. John optimistis tingkat kunjungan mal akan kembali bertumbuh seiring dengan pelonggaran PPKM dan meningkatnya mobilitas masyarakat yang menunjukkan geliat aktivitas ekonomi. 

"LPKR menargetkan operasional kunjungan mal akan mencapai full recovery pada pertengahan tahun 2022. Kami percaya akan terjadi turnaround pilar bisnis Lifestyle pada tahun 2022, didukung oleh tenant mal LPKR yang bervariasi. Kami yakin pilar bisnis Lifestyle dapat meningkatkan kontribusinya terhadap pendapatan serta EBITDA LPKR," tegas John dalam keterangan resmi, Jumat (24/6/2022).

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN