Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ancora Indonesia. Foto: jakartaglobe.id

Ancora Indonesia. Foto: jakartaglobe.id

Laba Bisa Melesat, Harga Saham Ancora (OKAS) Bakal Menuju Rp 300

Jumat, 21 Okt 2022 | 08:13 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Harga saham PT Ancora Indonesia Resources Tbk (OKAS) diproyeksikan melesat ke level Rp 300 dalam waktu dekat, seiring rilis laporan keuangan kuartal III-2022 yang diprediksi melesat.

Seorang sumber Investor Daily menyebutkan, potensi lonjakan kinerja keuangan perseroan dapat dilihat dari tingginya harga jual batu bara sampai Oktober 2022. Hal ini medorong aktivitas jasa penambangan perseroan mengalami peningkatan pesat selama periode kuartal III-2022.

Baca juga: Pendapatan Naik 17%, Ancora Indonesia Akhirnya Cetak Laba

Tren lonjakan kinerja keuangan perseroan, terang dia, juga dapat dilihat dari keberhasilan perseroan membalikkan posisi rugi menjadi laba bersih hingga semester I-2022. Ancora mencatatkan lonjakan pendapata dari Rp 47,15 miliar menjadi Rp 70,86 miliar. Perseroan juga berhasil mencatatkan laba periode berjalan menjadi Rp 6,24 miliar, dibandingkan periode sama tahun lalu dengan rugi Rp 4,19 miliar.

Advertisement

Sedangkan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp 2,7 miliar, dibandingkan periode sama tahun lalu dengan rugi bersih Rp 3,43 miliar.

“Secara fundamental, saham OKAS saat ini masih tergolong sangat murah, yaitu merefleksikan PER 3,65 kali. Apalagi perseroan memiliki sejumlah upaya bisnis untuk mendongkrak kinerja keuangan, seperti menggenjot lagi tambang emas dan nikel,” terangnya di Jakarta, kemarin.

Tambang Emas

Selain faktor tersebut, dia mengatakan, sentimen positif terhadap saham OKAS datang dari keputusan pemerintah untuk membatalkan pencabutan izin anak usaha perseroan, yakni PT Indotan Lombok Barat Bangkit. Hal ini memperkuat keyakinan bahwa perseroan akan genjot ekspansi bisnis emas dengan mengundang sejumlah investor strategis.

Baca juga: Indika (INDY) Tuntaskan Penjualan Seluruh Saham Petrosea (PTRO), Selanjutnya Apa?

Peluang pengembangan tambang emas melalui Indotan semakin terbuka setelah OKAS teraffiliasi dengan PT Petorsea Tbk (PTRO). Hal ini terjadi setelah Romo Nitiyudo Wachjo menjadi pemegang sebanyak 13,45% saham Petrosea.

“Beberapa aksi korporasi yang terjadi selama ini tentu akan bermuara terhadap OKAS. Dengan harapan pengembangan bisnis OKAS akan berjalan lebih cepat setelah pemegang saham perseroan juga bertindak sebagai pemegang saham Petrosea,” terangnya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com