Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
BSD. Foto: IST

BSD. Foto: IST

Lampaui Target, BSD Bukukan 'Marketing Sales' Rp 6,5 Triliun

Selasa, 21 Januari 2020 | 20:43 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) membukukan marketing sales senilai Rp 6,5 triliun pada 2019. Nilai tersebut melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp 6,2 triliun.

Direktur Bumi Serpong Damai atau BSD Hermawan Wijaya mengatakan, marketing sales pada 2019 dikontribusi segmen residensial sebesar Rp 3 triliun atau berkontribusi 47% dari total marketing sales

"Penjualan perumahan meningkat sebesar 2% secara tahunan, sedangkan dalam hal penjualan unit meningkat dari 1.299 unit menjadi 1.803 unit," ujar dia dalam keterangan tertulis, Selasa (21/1).

Hermawan menjelaskan, pertumbuhan penjualan segmen residensial paling banyak berasal dari klaster baru dan yang sudah ada. Beberapa di antaranya adalah klaster Mozia, Savia, Greenwich, Vanya Park, FleekHauz, Fleekhauz-R, Imajihaus, Nava Park, dan The Zora di BSD City, serta penambahan penjualan dari Taman Banjar Wijaya dan Grand City Balikpapan. 

Sementara itu, segmen komersial menyumbang 49% atau senilai Rp 3,5 triliun dari total marketing sales. Segmen komersial ini terdiri dari plot tanah komersial, strata title (apartemen) dan ruko.

Hermawan menambahkan, kenaikan marketing sales paling tinggi terjadi pada kuartal IV-2019. Kenaikan tersebut ditopang oleh peluncuran produk baru yang lebih banyak dibandingkan dengan semester I-2019. 

Selain itu, marketing sales dari segmen komersial didukung oleh penjualan tanah yang terkait dengan pengembangan jalan tol melalui PT Transbumi Serbaraja (TBS), entitas anak yang 100% sahamnya dimiliki oleh Bumi Serpong Damai. 

TBS merupakan pemilik jalan tol konsesi Serpong-Balaraja sepanjang 40 km, yang diberikan oleh Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). TBS mulai membangun jalan tol yang memiliki panjang 10 km pertama sejak Juli 2019.

Sebelumnya, pada kuartal I-2019, Bumi Serpong Damai juga menjual sebidang tanah kepada perusahaan patungan, PT Sahabat Kota Wisata senilai Rp 287 miliar. Penjualan tanah ini untuk pengembangan pusat perbelanjaan di Kota Wisata, Cibubur, Jawa Barat. 

Lebih lanjut, di segmen komersial, penjualan dari segmen apartemen tercatat sebesar Rp 949 miliar. Penjualan ini dikontribusi oleh penjualan di Southgate di TB Simatupang, Jakarta Selatan; The Elements di Rasuna CBD, Jakarta; Aerium di Jakarta Barat, Akasa serta Upperwest di BSD City. 

Adapun, penjualan ruko meningkat 75% dari Rp 536 miliar menjadi Rp 936 miliar. Ruko tersebut sebagian besar diluncurkan di BSD City, termasuk North Point Nava Park dan Foresta Business Loft.

Dari sisi lokasi proyek, BSD City Serpong masih menjadi kontributor utama marketing sales sebesar 51% dan Nava Park 12%. Sisanya dikontribusi oleh Kota Wisata Cibubur (7%), Southgate Apartemen (7%), The Zora (6%), Taman Banjar Wijaya (4%) dan Grand City Balikpapan (3%). 

“Kami melihat perkembangan ke depan akan lebih baik lagi. Permintaan terhadap properti perlahan-lahan mulai membaik. Kami yakin kinerja positif ini dapat berlanjut pada tahun 2020," ujar dia.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN