Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Lippo Mall Puri. Foto: lippomalls.

Lippo Mall Puri. Foto: lippomalls.

LMIRT Segera Akuisisi Lippo Mall Puri Rp 3,5 Triliun

Rabu, 16 Desember 2020 | 10:21 WIB
Farid Firdaus (farid.firdaus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menyatakan bahwa mayoritas unitholders Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIRT) menyetujui rencana LMIRT mengakuisisi Lippo Mall Puri dari Lippo Karawaci dengan nilai transaksi Rp 3,5 triliun. Dana kas yang diperoleh dari transaksi tersebut akan memberikan Lippo Karawaci fleksibilitas keuangan tambahan dalam mencapai proyeksi pertumbuhan perseroan.

Transaksi ini merupakan pencapaian penting bagi Lippo Karawaci dan LMIRT, dimana perseroan mempunyai kepemilikan saham sebesar 32%. Langkah selanjutnya untuk menuntaskan penjualan kepada LMIRT adalah penyelesaian penerbitan saham baru atau rights issue oleh LMIRT dalam beberapa pekan ke depan.

Rights issue ini juga telah disetujui unitholders LMIRT. Dana dari rights issue ditambah dengan dana yang telah diperoleh dari pinjaman bank dan pendanaan vendor akan memastikan tersedianya dana transaksi akuisisi tersebut,” ungkap manajemen Lippo Karawaci dalam keterangan resmi, Selasa (15/12).

Sesuai rencana, Lippo Karawaci akan tetap menjadi pembeli siaga dari rights issue dan berminat untuk meningkatkan kepemilikan saham di unit bisnis Real Estate Investment Trust (REIT) tersebut.

Tim manajemen Lippo Karawaci yang baru terus meraih pencapaian baru yang telah ditetapkan sebagai bagian dari agenda transformasi perusahaan. Penjualan Lippo Mall Puri adalah suatu inisiatif kunci dari tim manajemen yang akan menghasilkan pendapatan sebesar Rp 3,5 triliun dari penjualan tersebut.

Dana hasil transaksi juga membantu kontribusi pendanaan bagi penyelesaian proyek-proyek berjalan, serta peluncuran pengembangan rumah tapak dengan harga terjangkau pada masa mendatang.

Adapun inisiatif-inisiatif kunci yang telah diambil oleh manajemen Lippo Karawaci dalam kurun waktu kurang dari dua tahun terakhir adalah penuntasan hampir seluruh proyek lampau. Selain itu, perseroan berhasil meningkatkan neraca keuangan melalui rights issue dan bonds refinancing, serta penguatan fungsi manajemen dan tata kelola.

Di samping itu, bisnis properti telah mulai pulih dengan penjualan yang meningkat yaitu lebih dari Rp 2,5 triliun pada 2020. Sedangkan pada 2021, Lippo Karawaci menargetkan nilai pra-penjualan (marketing sales) Rp 3,5 triliun.

Baru-baru ini, Chief Executive Officer (CEO) Lippo Karawaci John Riady mengatakan, marketing sales perseroan mengalami pertumbuhan yang signifikan pada kuartal III-2020, yakni sebesar Rp 1,2 triliun atau melonjak 303% dibandingkan kuartal III-2019.

Alhasil, nilai marketing sales Lippo Karawaci selama Januari-September 2020 melesat 100% menjadi Rp 2,3 triliun dibandingkan periode sama tahun lalu. Bahkan, per Oktober mencapai Rp 2,5 triliun atau melampaui target tahun ini. “Momentum ini didorong penjualan rumah tapak dengan harga mulai dari Rp 1-2 miliar, sehingga ke depan kami sangat optimistis,” jelas John.

Menurut dia, terdapat sejumlah faktor yang akan mendorong industri properti domestik menjadi positif tahun depan. Salah satunya, pemerintah memberikan relaksasi kepemilikan properti bagi warga negara asing (WNA) yang tertuang dalam Omnibus Law.

“Selain itu, daya beli masyarakat dan minat kepemilikan rumah akan meningkat selama dua hingga lima tahun ke depan. Urbanisasi juga menjadi faktor yang bisa mendorong permintaan properti,” tutur dia.

Meikarta

Sementara itu, para kreditur proyek Meikarta sepenuhnya mendukung dan menyetujui dilakukan restrukturisasi pembayaran tagihan dan penyelesaian proyek Meikarta. Hasil voting yang didukung oleh lebih dari 99% kreditur PT MSU mencerminkan tingkat kepercayaan dan dukungan yang penuh dari pembeli atas proyek Meikarta.

“Dalam putusan sidang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang dipimpin oleh hakim pengawas Muhammad Sainal S.H M.Hum di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat Selasa 15 Desember 2020, voting para kreditur/konsumen menghasilkan 99,7% suara menyetujui dan percaya penuh kepada PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) untuk melanjutkan proyeknya hingga waktu yang ditentukan,” ungkap Jeffry Rawis, Head Of Public Relations Meikarta, dalam keterangan resmi, Selasa (15/12).

Saat ini, pengembangan Meikarta sudah mencapai tahap yang menggembirakan bagi para konsumen. Meikarta telah menyelesaikan topping off 28 tower di District 1. Sedangkan District 2 sudah mulai topping off 2 tower sejak 30 November 2020.

Menurut Jeffry, proses serah terima unit telah dilakukan sejak Maret 2020 dan hingga akhir November sudah ada lebih dari 500 penghuni yang telah tinggal di apartemen Meikarta.

Meikarta juga berhasil meraih penghargaan Best of Asia Country Winners di ajang Asia Property Award 2020. Penghargaan ini, menurut dia, akan dipersembahkan untuk konsumen Meikarta. Sebab kepercayaan para konsumen yang membawa Meikarta meraih penghargaan tersebut.

“Ke depan, Meikarta akan terus berkomitmen penuh untuk menyelesaikan pembangunan di District 2, serta berinovasi dalam memenuhi kebutuhan para konsumen dan terus membangun komunikasi positif dengan para konsumen dan para penghuni di kota Meikarta,” ujar Jeffry.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN