Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tabel perkembangan reksa dana, perkembangan NAB reksa dana & DPK perbankan, serta perkembangan jumlah investor pasar modal dan pemegang reksa dana.

Tabel perkembangan reksa dana, perkembangan NAB reksa dana & DPK perbankan, serta perkembangan jumlah investor pasar modal dan pemegang reksa dana.

Luncurkan Reksa Dana Indeks, Trimegah AM Bidik Dana Kelolaan Rp 500 Miliar

Selasa, 9 Februari 2021 | 15:33 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Trimegah Asset Management (Trimegah AM) meluncurkan produk baru reksa dana indeks (berbasis ekuitas). Dari produk bernama Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index ini, Trimegah membidik dana kelolaan (asset under management/AUM) sebesar Rp 300-500 miliar pada 2021.

Direktur Utama Trimegah AM, Antony Dirga mengatakan, produk tersebut bertujuan memberikan potensi pertumbuhan hasil investasi dalam jangka panjang. "Pertumbuhan ini sejalan dengan kinerja indeks dengan mereplikasi FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index," kata Antony pada acara 'Peluncuran Reksa Dana Indeks FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index' secara virtual di Jakarta, Selasa (9/2).

Antony Dirga mengungkapkan, dalam portofolionya, Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index akan mencakup  80-100%  efek bersifat ekuitas dari kumpulan efek yang terdaftar di FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index. Sedangkan 0-20% lainnya ditempatkan pada instrumen pasar uang dalam negeri yang memiliki jatuh tempo tidak lebih dari satu tahun.

Trimegah AM, menurut Antony, memilih FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index sebagai acuan karena indeks tersebut memiliki sejumlah keunggulan. Tak hanya memiliki kinerja jangka panjang yang unggul, indeks itu juga berisi 31 saham dengan kapitalisasi pasar yang besar serta memiliki volatilitas yang rendah.

"Dengan kata lain, portofolio yang terbentuk memiliki likuiditas yang baik serta tingkat risiko yang terjaga," jelas dia.

Perkembangan indeks acuan ini, kata Antony, ditopang perekonomian Indonesia yang berangsur pulih dan terefleksikan juga ke pasar saham Indonesia. "Potensi pertumbuhan ekonomi didukung berbagai faktor internal dan eksternal," tutur dia.

Dia menambahkan, dari sisi internal, faktor pendukung pertumbuhan ekonomi nasional antara lain didukung proses distribusi vaksinasi yang berjalan lancar. Sedangkan dari sisi global, likuiditas di dunia masih akan melimpah akibat kebijakan-kebijakan akomodatif oleh negara-negara maju.

"Hal ini tentunya akan berdampak positif ke emerging market, seperti Indonesia, yang pada akhirnya mendukung kinerja reksa dana berbasis saham, termasuk reksa dana indeks baru dari Trimegah AM ini," papar dia.

Pilihan Investor Ritel

Selain itu, menurut Antony Dirga, perkembangan AUM reksa dana yang dikelola secara pasif, seperti reksa dana indeks dan exchange traded fund (ETF), memiliki peluang besar untuk berkembang. Sejak 2018 hingga 2020, dana kelolaan reksa dana indeks melonjak 135%. "Itu menunjukkan besarnya minat investor terhadap reksa dana jenis ini," tandas dia.

Melihat peluang tersebut, Trimegah AM optimistis Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index menjadi pilihan investor ritel Indonesia. Produk ini juga menambah deretan produk yang sudah dimiliki oleh perseroan. "Dengan diluncurkannya reksa dana ini, Trimegah AM telah memiliki jenis produk reksa dana yang semakin lengkap," ucap dia.

Ke depan, kata Antony Dirga, Trimegah AM berkomitmen melakukan inovasi-inovasi, di antaranya berupa rencana peluncuran produk baru, yakni reksa dana terproteksi, syariah, dan ETF, serta meningkatkan edukasi kepada para investor ritel.

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN