Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Citra Maja Raya 1 merupakan proyek kerjasama antara Hanson (melalui PT Armidian Karyatama dan PT Harvest Time) dengan Ciputra Group dengan luas lahan 430 ha. FOTO: Hanson International

Citra Maja Raya 1 merupakan proyek kerjasama antara Hanson (melalui PT Armidian Karyatama dan PT Harvest Time) dengan Ciputra Group dengan luas lahan 430 ha. FOTO: Hanson International

Maha Properti Batal Beli Saham Anak Usaha Hanson

Gita Rossiana, Senin, 20 Januari 2020 | 20:38 WIB

JAKARTA, investor.id – PT Maha Properti Indonesia Tbk (MPRO) membatalkan rencana akuisisi PT Mandiri Mega Jaya dan PT Hokindo Properti Investama. Hal ini menyusul permasalahan keuangan yang dialami oleh pemegang saham perusahaan tersebut.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (20/1), terdapat dua hal yang menyebabkan perseroan membatalkan rencana akuisisi tersebut. Pertama adalah mempertimbangkan bisnis properti yang belum meningkat seperti yang diharapkan.

Selanjutnya adalah informasi mengenai permasalahan keuangan PT Hanson International Tbk (MYRX), pemegang saham Mandiri Mega Jaya. Hanson International juga terafiliasi dengan PT Rimo International Tbk (RIMO), pemilik saham Hokindo Properti Investama.

Dengan adanya permasalahan keuangan tersebut, perseroan mengkhawatirkan hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja Mandiri Mega Jaya dan Hokindo Properti Investama beserta anak-anak usahanya. "Karena hal-hal tersebut, emiten memutuskan untuk membatalkan rencana transaksi dan memfokuskan untuk pengembangan proyek properti yang sudah ada," ungkap manajemen Maha Properti.

Lebih lanjut, pembatalan rencana transaksi tersebut tidak menimbulkan pengeluaran kas, penambahan aset atau menimbulkan kewajiban tambahan apapun kepada emiten. Dengan demikian, hal tersebut tidak berdampak material kepada emiten. "Emiten juga telah menyampaikan maksud untuk membatalkan rencana transaksi kepada Hanson dan Rimo," tegas manajemen Maha Properti.

Sementara itu, berdasarkan pengumuman pada 17 Desember 2019, Maha Properti Indonesia semula berencana membeli 49,99% saham milik Hanson International di Mandiri Mega Jaya. Selain itu, Maha Properti Indonesia juga akan membeli 49,99% saham milik Rimo International di Hokindo Properti Investama.

Sebelumnya, Hanson berencana menjual saham di Mandiri Mega Jaya untuk melunasi utang kepada pihak ketiga dan memulihkan kas perseroan. Direktur Hanson International Rony Agung Suseno pernah menjelaskan, perjanjian penjualan saham tersebut ditandatangani pada 13 Desember 201 dan nilai transaksinya masih dalam tahap penilaian yang diperkirakan akan selesai pada Maret 2020.

Hanson sebelumnya mengangkat Benny Tjokrosaputro, salah satu pemegang saham terbesar perseroan, menjadi direktur utama. Pengangkatan tersebut diresmikan setelah meminta persetujuan para dewan direksi dan para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Adapun Direktur Utama Hanson sebelumnya, Agus Santoso, diputuskan mengisi jabatan komisaris utama. Menurut Rony, langkah tersebut diambil perseroan untuk menyelesaikan masalah pinjam-meminjam individual dan mengembalikan rasa kepercayaan para investor, sehingga harga saham perseroan bisa kembali membaik. Ini mengingat harga saham perseroan sudah menyentuh harga terendah dan stagnan di posisi Rp 50.

Sementara itu, terkait masalah dana hasil pinjaman-pinjaman individual yang dilakukan perseroan, Rony menjelaskan perseroan berusaha untuk segera mengembalikan dana tersebut sesuai dengan instruksi dari Satgas Waspada Investasi. Perseroan juga telah mengembalikan sebagian utang melalui hasil penjualan unit perumahan di tiga proyek yang berada di Tangerang.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA