Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pialang memantau jalannya perdagangan efek di Mandiri Sekuritas, Jakarta.  Foto ilustrasi: Investor Daily/DAVID

Pialang memantau jalannya perdagangan efek di Mandiri Sekuritas, Jakarta. Foto ilustrasi: Investor Daily/DAVID

Mandiri Sekuritas Dorong Investor Lokal Berinvestasi ORI018

Kamis, 1 Oktober 2020 | 22:30 WIB
Ely Rahmawati

JAKARTA, investor.id – PT Mandiri Sekuritas mendorong peran aktif para investor lokal dalam upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui investasi pada instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI018. Produk Surat Berharga Negara (SBN) ini dapat menjadi solusi untuk menjaga nilai aset investasi dan memberikan nilai imbal hasil menarik.

ORI018 adalah instrumen investasi khusus untuk warga negara Indonesia (WNI) yang menawarkan imbal hasil tetap (fixed rate) dengan kupon 5,7% per tahun. Nilai kupon tersebut berada di atas suku bunga acuan Bank Indonesia yang saat ini ditetapkan sebesar 4%.

Selanjutnya, investor akan menerima kupon yang dibayarkan pada tanggal 15 setiap bulan terhitung mulai 15 Desember 2020. Obligasi kelima yang diterbitkan oleh pemerintah di tahun 2020 ini memiliki tenor selama tiga tahun dengan tanggal jatuh tempo 15 Oktober 2023.

“Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI018 akan dimanfaatkan untuk pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020, termasuk pembiayaan dalam rangka upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19,” ungkap Direktur Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik, dalam siaran persnya, Kamis (1/10).

Sebagai informasi, pemerintah telah menyiapkan dana PEN dengan total pagu sebesar Rp 695,4 triliun untuk enam sasaran, antara lain, perlindungan sosial, insentif usaha, UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), kesehatan, sektoral kementerian/lembaga, serta korporasi.

Theodora mengatakan, PEN adalah upaya pemerintah untuk mengatasi dampak pandemi di Indonesia. “Karena itu, penerbitan ORI018 membuka kesempatan kepada para investor lokal untuk menjadi bagian dalam pemenuhan sumber pendanaan PEN dengan berinvestasi mulai dari Rp1 juta sampai dengan Rp 3 miliar,” jelas dia.

Theodora menambahkan, ORI018 dapat menjadi solusi bagi para investor yang menginginkan fleksibilitas pada asetnya, karena instrumen ini dapat diperdagangkan di pasar sekunder mulai 15 Desember 2020. Nilai investasi yang terjangkau juga dapat menjadi pertimbangan bagi para investor yang ingin melakukan diversifikasi investasi pada aset yang menghasilkan pendapatan tetap.

“ORI018 dapat menjadi pilihan investasi yang aman karena pokok dan bunga dijamin 100% oleh pemerintah, dapat menjaga nilai aset, serta memberikan kesempatan untuk berkontribusi kepada negara,” ujar Theodora. ORI018 mulai ditawarkan sejak tanggal 1 Oktober - 21 Oktober 2020 dan dapat dipesan secara daring melalui sbn.most.co.id.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN