Menu
Sign in
@ Contact
Search
mandom

mandom

Mandom Indonesia (TCID) Incar Penjualan Double Digit, Ini strateginya…

Kamis, 22 September 2022 | 14:23 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) incar penjualan double digit pada tahun ini. Serta, optimistis kembali mencatatkan laba setelah pada tahun sebelumnya membukukan rugi. Untuk itu, perseroan telah menyiapkan beberapa strategi.

Direktur Mandom Indonesia (TCID) Hideki Nakamura menjelaskan, target itu sejalan dengan membaiknya kondisi pasar pada tahun 2022 ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Untuk mencapai target yang ditentukan perseroan menjalankan beberapa strategi yakni dengan memperkuat brand dan juga kualitas produk-produk.

“Seperti dengan memperkuat hair styling dan fragrance yang memberikan kontribusi yang sangat besar oleh perseroan,” jelasnya dalam paparan publik virtual, Kamis (22/9/22).

Baca juga: Penetrasi Pasar Online, Kiat Mandom Indonesia Tekan Rugi Bersih

Menurut Hideki, tahun ini, pasar pada kategori perawatan rambut mulai pulih. sementara kategori wangi-wangian masih penuh tantangan. Meski begitu, perseroan memiliki produk Gatsby White Up EDT dengan market share kedua di Indonesia. Gatsby akan masuk lebih aktif ke pasar wangi- wangian botol kaca termasuk EDC dan EDP. Selain itu, pertumbuhan kinerja pada kuartal III-2022 juga akan ditopang oleh produk base makeup sebagai salah satu kategori utama bagi PIXY.

Saat ini brand PIXY juga memegang posisi kedua dalam market share kategori base makeup. Untuk memperkuat posisi PIXY di kategori ini, kegiatan marketing dan promosi akan diperkuat baik untuk produk base makeup yang sudah ada maupun produk-produk baru. Selain produk eksisting, perseroan juga akan meluncurkan beberapa produk baru yang diharapkan dapat menjadi penopang pertumbuhan pendapatan perseroan pada masa yang akan datang.

Sementara itu, hingga semester I-2022 perseroan berhasil mencatatkan pemulihan kinerja di paruh pertama tahun 2022. Penjualan tumbuh 8,9% dibanding semester 1-2021 menjadi Rp 925,4 miliar. Penjualan domestik tumbuh 5,9% menjadi Rp 609,2 miliar sementara penjualan ekspor tumbuh double digit 15,1% menjadi Rp 316,2 miliar.

Baca juga: Laba Mandom Tak Terkerek Kendati Pendapatan Naik 6%

Pertumbuhan penjualan ini terutama didukung oleh kinerja produk kategori perawatan rambut dan perawatan kulit dan makeup yang masing-masing tumbuh 17,9% dan 14,6% dibanding semester 1-2021. Sementara penjualan produk kategori wangi-wangian tercatat turun sebesar 15,5% dibanding semester 1-2021.

Produk perawatan rambut Gatsby mencatatkan pemulihan kinerja di semester I-2022 didukung oleh kinerja baik dari produk-produk unggulan dan produk- produk baru yang mendapatkan respon sangat baik di pasar terutama produk tipe powder clay dan spray pomade. Kategori perawatan rambut dan wangi-wangian menjadi fokus penguatan untuk merek Gatsby di tahun ini.

Baca juga: Layanan Tokoscore Bisa Dongkrak Pendapatan GOTO

Presiden Direktur Mandom Indonesia (TCID) Masahiro Ueda menambahkan, 2022 yang merupakan tahun ketiga sejak pandemi Covid-19 dimulai, kegiatan sosial ekonomi mulai kembali aktif termasuk bisnis dan industri. Berbagai tantangan masih ditemui mulai dari perubahan pola belanja dan gaya hidup konsumen, digitalisasi gaya hidup sampai kendala supply chain dan meningkatnya biaya produksi dan operasional.

“Upaya perbaikan, pemulihan dan penguatan di berbagai lini bisnis dilakukan yaitu perbaikan dan peningkatan kinerja produk dan saluran penjualan, pemulihan kinerja finansial dan penguatan lini bisnis pada beberapa pilar seperti produk-produk unggulan, sumber daya manusia dan bisnis yang berlandaskan ESG,” ungkap Ueda.

Ueda mengatakan, meski sampai semester I-2022 belum bisa mencatatkan keuntungan, nilai kerugian TCID turun signifikan dibandingkan periode yang sama tahun 2021 dan sinyal perbaikan mulai dapat terlihat di kuartal III-2022. “Mewujudkan pertumbuhan penjualan yang positif dan mencatatkan keuntungan menjadi prioritas yang harus dicapai perseroan di tahun 2022,” tutup Ueda.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com