Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mantan Group Chief Marketing Officer Gojek Ainul Yaqin ditetapkan menjadi direktur Unilever

Mantan Group Chief Marketing Officer Gojek Ainul Yaqin ditetapkan menjadi direktur Unilever

Mantan Group Chief Marketing Officer Gojek Ainul Yaqin Resmi Pindah ke Unilever

Selasa, 2 November 2021 | 16:21 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menetapkan Ainul Yaqin sebagai direktur yang mengepalai divisi beauty and personal care. Hal ini sesuai dengan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan di Jakarta, Selasa (2/11).

Ainul Yaqin awalnya menempati posisi sebagai Group Chief Marketing Officer (CMO) PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek). Ainul memimpin seluruh organisasi pemasaran untuk pasar Indonesia dan internasional, mendorong, dan mempertahankan merek Gojek sebagai top of mind.

Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti menyampaikan, perseroan secara resmi mengesahkan Ainul Yaqin sebagai direktur perseroan untuk memimpin divisi beauty and personal care (BPC). Divisi ini penting, karena memberikan kontribusi terbesar terhadap total bisnis perseroan.

 

"Sebagai industri, BPC terus bertumbuh dan memiliki banyak potensi untuk dieksplorasi. Penunjukan Yaqin yang berpengalaman, gesit, inovatif, dan berpikiran maju diyakini Perseroan bisa mengembangkan dan memenangkan kompetisi di kategori ini,” jelas dia dalam keterangan resmi, Selasa (2/11).

Ainul Yaqin membawa kombinasi pengalaman sebagai Group CMO sebuah start-up terdepan di Asia Tenggara dan pengalaman serta sederet pencapaian bersama Unilever. Pengalaman ini dapat menjadi pendorong percepatan pertumbuhan bisnis Unilever Indonesia.

Sebelum bergabung dengan Gojek, Ainul Yaqin dikenal sebagai salah satu pimpinan bisnis senior Unilever yang telah membuktikan kemampuannya di berbagai divisi, departemen, dan wilayah geografis. Beberapa posisi senior Ainul Yaqin terdahulu bersama Unilever adalah vice president strategic transformation-Southeast Asia & Australasia, marketing director home care & foods Unilever Indonesia, marketing director foods Unilever Indonesia serta marketing director home and personal care Unilever Malaysia/ Singapore.

Adapun hingga kuartal III-2021, meski pertumbuhan penjualan domestikperseoan melambat sebesar 7,4%, namun perseroan tetap berhasil mencatat penjualan bersih sebesar Rp 30 triliun. Kategori foods & refreshment menjadi penopang utama pertumbuhan dengan membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 9,8% pada kuartal III-2021.

Sebagai turunan dari strategi jangka panjang 2025, ada lima strategi prioritas perseroan pada 2022. Strategi itu adalah memperkuat dan unlock potensi penuh dari merek besar dan produk utama melalui inovasi yang terdepan dan menstimulasi konsumsi konsumen. Lalu, memperluas dan memperkaya portofolio ke value dan premium segment. Kemudian memperkuat kepemimpinan di channel utama (GT dan modern trade) dan channel masa depan (e-commerce). Selanjutnya memimpin di digital & data-driven capabilities serta tetap menjadi yang terdepan dalam penerapan bisnis yang berkelanjutan.

Khusus mengenai divisi beauty and personal care, perseroan optimistis dalam hal premiumisasi kategori BPC. Ini dilakukan dengan fokus untuk mempersiapkan portofolio atau menciptakan inovasi produk yang mengandalkan penggunaan teknologi (tech-led superiority) dan juga memiliki tujuan mulia yang baik bagi masyarakat dan lingkungan (purpose-led) sehingga bisa memberikan benefit lebih kepada konsumen.

“Kami percaya bahwa penunjukan Ainul Yaqin sebagai pimpinan divisi beauty and personal care akan memompa energi baru, dengan masa penyesuaian yang lebih singkat. Kami berharap dapat melihat dampak positif dari perkembangan ini dengan lebih cepat pada pertumbuhan kinerja BPC agar terus bertumbuh secara konsisten dan bertanggung jawab, sejalan dengan pertumbuhan perseroan secara jangka panjang,” pungkas Ira.(mwd)

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN