Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sejumlah investor berada di galeri Bursa Efek Indonesia belum lama ini. Foto: Investor Daily/David Gita Roza

Sejumlah investor berada di galeri Bursa Efek Indonesia belum lama ini. Foto: Investor Daily/David Gita Roza

Menkeu: Tata Kelola Perusahaan Jadi Fondasi Reputasi Pasar Modal RI

Thereis Love Kalla, Kamis, 2 Januari 2020 | 15:52 WIB

JAKARTA, investor.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pentingnya tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) dan kondisi pasar yang bagus (good market conduct) sebagai fondasi dalam menjaga reputasi pasar modal Indonesia. 

Menurut Menkeu, integritas pasar sangat bergantung pada tingkat reputasi pasar modal Indonesia. Integritas tersebut dibutuhkan karena pasar modal merupakan tempat masyarakat bisa menaruh kepercayaanya untuk berinvestasi. 

“Pasar modal suatu lembaga dan tempat dimana masyarakat investor bisa menaruh kepercayaan, sehingga mereka bisa mendapatkan harapan sesuai dengan instrumen investasi, dimana mereka menempatkan instrumen investasinya. Instumen itu perlu memiliki track record dan valuasi yang betul-betul memiliki intregitas sehingga investor bisa membuat keputusan yang sangat jelas mengenai tingkat resiko dan return nya,” ungkapnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (2/1).

Sri Mulyani menjelaskan, Kementerian Keuangan bersama Bank Indonesia (BI) , BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus membangun kepercayaan investor agar tercipta stabilitas pada pasar modal.  “Saya dalam hal ini Kementerian Keuangan bekerja sama dengan OJK, BEI dan BI ingin terus membangun integritas dan stabilitas keuangan bagi para investor dari dalam negeri,” ujar dia.

Sri Mulyani menambahkan, Indonesia telah mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari luar negeri sebagai negara tujuan investasi. Hal tersebut dikonfirmasi dari hasil publikasi Bloomberg yang menempatkan Indonesia pada peringkat pertama sebagai negara tujuan investasi untuk instrumen saham dan surat utang.

“Dari luar negeri dengan kepercayaan yang tinggi, seperti yang disebutkan survei Bloomberg, itu memberikan suatu keyakinan Indonesia menuju arah yang baik dan benar. Jadi dari sisi kinerjanya, integrity nya, kita menjadi tempat yang dianggap paling menarik,” kata dia.

Adapun Bloomberg telah melakukan survei kepada 57 investor global. Dari hasil survei tersebut menunjukkan Indonesia berada di paling atas dibanding negara emerging market lainnya.

Menurut Sri Mulyani, pencapaian tersebut harus dijaga untuk memastikan capital inflow bagi Indonesia. “Tentu suatu reputasi yang harus kita jaga dan pertahankan, karena memang Indonesia kedepan pasti akan membutuhkan capital inflow dari internasional atau dari masyarakat sendiri, capital ini hanya akan mau menggerakan kebutuhan ekonomi sesuai kebutuhan pembangunan apabila kita bisa menjaga kepercayaan,” kata dia.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA