Menu
Sign in
@ Contact
Search
ilustrasi harga minyak. Sumber: Antara

ilustrasi harga minyak. Sumber: Antara

Minyak Bergerak Datar Dipicu Beragam Sentimen Pasar

Jumat, 30 September 2022 | 11:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Tim Research and Development ICDX mengatakan, pada penutupan pekan pagi ini, harga minyak terpantau masih bergerak terkonsolidasi dipicu oleh beragam sentimen di pasar. Meredanya ancaman Badai Ian dibatasi oleh sentimen positif antara lain dari penjatuhan sanksi baru dari AS terhadap Iran, gangguan di jalur pipa Nord Stream serta isyarat OPEC+ untuk mengurangi produksi.

Tim Research and Development ICDX menjelaskan, ancaman Badai Ian yang melanda AS saat ini diperkirakan tidak akan sampai menyebabkan lonjakan harga bensin di negara bagian Florida. Penjaga Pantai AS pada hari Kamis mengatakan bahwa bahan bakar saat ini dapat dipindahkan dari pompa bensin ke truk. Selain itu, pelabuhan utama Florida telah terhindar dari kerusakan signifikan san dapat dibuka kembali dalam beberapa hari kedepan. Florida merupakan salah satu pasar tersibuk AS untuk urusan penggunaan bahan bakar, ungkap data dari Departemen Transportasi AS.

Baca juga: Seperti Bukalapak (BUKA), Pigijo (PGJO) Gelar Private Placement Dalam Rangka MESOP

Masih dari AS, Tim Research and Development ICDX menyebut, Wakil Menteri Keuangan untuk Terorisme dan Intelijen Keuangan Brian Nelson pada hari Kamis menjatuhkan sanksi baru terhadap perusahaan yang dituduh terlibat dalam perdagangan petrokimia dan minyak Iran, termasuk lima yang berbasis di Tiongkok, dengan alasan prospek menghidupkan kembali pakta nuklir telah meredup. Nelson juga menambahkan bahwa AS akan terus menekan Iran, apabila Iran masih belum membatasi program nuklirnya.

“Perkembangan situasi tersebut mengindikasikan untuk sementara waktu Iran masih belum akan dapat memasok minyak ke pasar global dalam kapasitas penuh,” tulis Tim Research and Development ICDX dalam risetnya, Jumat (30/9/2022).

Baca juga: Saham Blue Chip Terkoreksi, IHSG Turun ke Bawah 7.000 pada Sejam Perdagangan

Sementara itu, Tim Research and Development ICDX menmabahkan, Rusia pada hari Kamis menuduh bahwa kebocoran yang terjadi di jalur pipa Nord Stream 1 dan 2 diakibatkan oleh terorisme yang disponsori. Rusia sebelumnya mengatakan kebocoran tersebut terjadi di wilayah yang ‘sepenuhnya di bawah kendali’ badan intelijen AS. Uni Eropa (UE) sendiri juga sedang menyelidiki penyebab kebocoran dan mengatakan mereka mencurigai adanya sabotase di balik kerusakan di lepas pantai Denmark dan Swedia.

“Hingga saat ini belum ada pihak yang mengakui menjadi dalang atas kebocoran yang terjadi di jaringan pipa yang dibangun oleh Rusia dan UE tersebut. Situasi tersebut mengindikasikan kemungkinan gangguan pasokan gas ke Eropa akan bertahan sementara waktu, sementara di sisi lain jangka waktu embargo minyak Rusia oleh UE semakin dekat,” papar Tim Research and Development ICDX.

Baca juga: Minyak Melemah Dipicu Potensi Pengurangan Produksi OPEC+

Tim Research and Development ICDX menambahkan, sentimen positif lainnya juga datang dari OPEC dan sekutunya dilaporkan telah memulai pembicaraan non-publik mengenai potensi pengurangan produksi sebelum bertemu pada 5 Oktober nanti untuk memutuskan secara resmi. Sejauh ini, Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman telah berjanji akan mencegah penurunan harga lebih lanjut dan bersikap pro aktif, sementara Menteri Perminyakan Nigeria Timipre Sylva mengatakan pekan lalu bahwa satu-satunya instrumen yang tersedia bagi aliansi 23 negara produsen itu untuk menstabilkan pasar adalah tambahan pengurangan produksi jika harga minyak mentah turun lagi.

“Melihat dari sudut pandang teknis, harga minyak berpotensi menemui posisi resistance terdekat di level US$ 85 per barel. Namun, apabila menemui katalis negatif maka harga berpotensi turun ke support terdekat di level US$ 78 per barel,” tutup Tim Research and Development ICDX.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com