Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pekerja beraktivitas di depan layar elektronik di Bursa Efek Indonesia di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pekerja beraktivitas di depan layar elektronik di Bursa Efek Indonesia di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Mirae Asset Sekuritas Akan Tambah 5 Produk ETF Lagi

Minggu, 7 Maret 2021 | 17:06 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Mirae Asset Sekuritas berencana menerbtikan lima produk exchange traded fund (ETF) tahun ini. Ketertarikan perseroan didukung atas pesatnya pertumbuhan ETF dalam beberapa tahun terakhir.

Business Innovation Mirae Asset Sekuritas Simon Gunawan mengatakan, dari ke lima produk tersebut, sebanyak tiga produk ETF rencananya diluncurkan pada semester I-2021. Sedangkan sisanya diluncurkan pada semester ke II-2021.

“Seharusnya dalam pipeline kami, satu produk meluncur pada kuartal I-2021, namun karena adanya beberapa kendala administrasi, penerbitan kemungkinan direalisasikan pada kuartal II-2021,” ujar dia dalam paparan publik virtual baru-baru ini.

Peluncuran lima produk tersebut seiring dengan pandangan Mirae Asset Sekuritas terhadap bisnis ETF, yaitu produk ini akan berkembang pesat di Indonesia didukung peningkatan kesadaran masyarakat untuk beirnvestasi.

Simon menambahkan, pertumbuhan pasar ETF dalam kurun waktu empat tahun terakhir meningkat signifikan, dimana jumlah produk ETF naik empat kali lipat dari 10 produk menjadi 45 produk pada akhir tahun lalu.

Sebagai informasi, Mirae Asset Sekuritas telah memiliki satu produk ETF dengan ticker XNVE. Produk ini dikelola bekerjasama dengan reksa dana investama Indonesa. Simon menilai, transaksi produk ETF ini dari bulan 11 tahun lalu pergerakannya cukup aktif.

Di sisi lain, Mirae Asset Sekuritas memproyeksikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Maret ini menguat terbatas dengan pergerakan support level di 6.241 dan resistence level di 6.428.

Investment Information Mirae Asset Sekuritas Martha Christina mengatakan, penggerakn IHSG pada Maret akan dipengaruhi oleh faktor rilis laporan keuangan sepanjang tahun 2020. Namun demikian, kinerja keuangan emiten diperkirakan turun akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Pergerakan indeks juga dipengaruhi rilis data PMI manufaktur sejumlah negara bulan ini, diantaranya Tionkgok, Ameriak Serikat (AS), Indonesia, Malaysia dan India. Namun demikian data PMI manufaktur negara tersebut mengalami penurunan dan dinilai anomali.

“Ini agak anomali, sebab data Januari meningkat dan Februari menurun, sementara di tahun sebelumnya bulan Februari mengalami kenaikan dan Januari menurun karena memang awal tahun,” ujar dia dalam konferensi pers virtual

Faktor lainnya adalah aksi korporasi beberapa emiten, termasuk RUPS, dividen, right issue dan stock split. Untuk dividen, terdapat beberapa emiten yang diprediksi memberikan dividen per lembar saham dengan cukup tinggi, salah satunya PTBA.

Dari aksi right issue, sekurangnya ada empat emiten yang siap menggelar aksi penambahan modal tersebut yaitu FREN, CENT, ENRG, ARTO, dan SAME. Aksi korporasi lain yang rencananya digelar pada “bulan tiga” adalah stock split yang akan di lakukan oleh emiten ERAA.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN