Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dari kiri ke kanan, Direktur Bursa Efek Indonesia Risa E. Rustam, Kepala Bagian Pengembangan Kebijakan Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan Arif, CEO Rumah Zakat Nur Efendi Mahfud, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Republik Indonesia Muhammad Fuad Nasar, dan Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina menekan layar sentuh pada pembukaan perdagangan saham dan Launching Wakaf
Saham Rumah Zakat di Bursa Efek Indonesia, di Jakarta,
Selasa (21/1/2020). Rumah Zakat bersama dengan
MNC Sekuritas melakukan optimalisasi terkait wakaf
saham dengan investor di pasar modal Indonesia. Optimalisasi yang dilakukan akan diwujudkan berupa
kegiatan edukasi, literasi dan sosialisasi wakaf saham kepada masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Dari kiri ke kanan, Direktur Bursa Efek Indonesia Risa E. Rustam, Kepala Bagian Pengembangan Kebijakan Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan Arif, CEO Rumah Zakat Nur Efendi Mahfud, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Republik Indonesia Muhammad Fuad Nasar, dan Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina menekan layar sentuh pada pembukaan perdagangan saham dan Launching Wakaf Saham Rumah Zakat di Bursa Efek Indonesia, di Jakarta, Selasa (21/1/2020). Rumah Zakat bersama dengan MNC Sekuritas melakukan optimalisasi terkait wakaf saham dengan investor di pasar modal Indonesia. Optimalisasi yang dilakukan akan diwujudkan berupa kegiatan edukasi, literasi dan sosialisasi wakaf saham kepada masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

MNC Sekuritas-Rumah Zakat Luncurkan Wakaf Saham

Thereis Kalla, Rabu, 22 Januari 2020 | 10:31 WIB

JAKARTA, investor.id – MNC Sekuritas bekerja sama dengan Rumah Zakat Indonesia, resmi meluncurkan wakaf saham. Dengan kerja sama ini, Rumah Zakat akan menjadi pengelola dari keuntungan yang dihasilkan berupa dividen dari saham yang diwakafkan.

Direktur utama MNC Sekuritas Susy Meilina menjelaskan, dengan adanya program ini diharapkan dapat menumbuhkan investor syariah lebih tinggi lagi di 2020. Namun pada saat ditanyakan mengenai target, Susy masih enggan menyebutkan target investor syariah yang akan dicapai.

"Target kami pasti sebanyakbanyaknya. Pada 2019, pertumbuhannya mencapai 78%. Jadi kami confidence kerja sama dengan Rumah Zakat dapat meningkatkan kapasitas perdagangan syariah di pasar modal Indonesia," Jelasnya usai konferensi di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Senin (21/01).

Meskipun begitu, Susy memaparkan strategi untuk meningkatkan jumlah investor syariah dengan berkomitmen meningkatkan literasi dan inklusi di berbagai wilayah Indonesia, melalui 134 point of sales. Adapun MNC Sekuritas sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) dalam pengelolaan wakaf.

"Kami optimistis investor syariah pada tahun ini akan mengalami peningkatan. Salah satunya melalui aplikasi kami yaitu MNC Wakafku, dengan sistem yang canggih dan praktis, berwakaf saham dan uang yang ada di Rekening Dana Nasabah (RDN) dapat lebih mudah dan fleksibel,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, CEO Rumah Zakat, Nur Effendi mengatakan dengan program hasil kerja sama ini para investor dapat mewakafkan sahamnya ke Rumah Zakat melalui MNC Sekuritas. Adapun setelah saham tersebut diwakafkan, para investor dapat memanfaatkan keuntungan lewat dividen.

"Wakaf tersebut masuk dalam kategori aset bergerak, sehingga penyumbang wakaf saham (wakif) bisa wakafkan sahamnya dan pokoknya tetap. Sehingga nanti yang akan digunakan manfaatnya yang berbentuk dividen untuk kebermanfaatan yang lebih sustain yang berjangka panjang," jelas dia.

Lebih lanjut Nur menjelaskan, model investasi yang akan dilakukan oleh Rumah Zakat adalah investasi yang sudah terjamin aman seperti pada deposito, kedepannya Rumah Zakat berencana akan menjajaki reksa dana.

"Mungkin kami akan jajaki reksa dana, tapikami akan tetap jaga pokok nya. Yang sudah jalan itu ada rumah sakit, sekolah," tambahnya.

Sebagai informasi, menurut data Bursa Efek Indonesia per Desember 2019, jumlah investor saham syariah di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 54% dari sebelumnya 44.536 investor di akhir 2018 menjadi 68.599 investor.

Selain itu, jumlah tersebut mewakili 6,2% dari total investor retail di Bursa Efek Indonesia.   

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA