Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
RUPST MNC Studios International Tbk

RUPST MNC Studios International Tbk

MSIN Bagi Dividen Rp 22,8 Miliar

Kamis, 29 Juli 2021 | 16:56 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT MNC Studios International Tbk (MSIN) menyelenggarakan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), 28 Juli 2021. RUPST telah menerima laporan tahunan dan menyetujui laporan keuangan perseroan tahun buku yang berakhir 31 Desember 2020.

Dividen tunai akan dibagikan kepada para pemegang saham perseroan, yakni Rp 2 per saham, berdasarkan jumlah saham pada tanggal cum dividen. Total saham MSIN, berdasarkan RTI, mencapai 11,4 miliar, sehingga total dividen Rp 22,8 miliar.

RUPST juga menyetujui pemberian wewenang kepada direksi perseroan dengan persetujuan dewan komisaris untuk menunjuk akuntan publik independen tahun buku 31 Desember 2021 dan memberikan wewenang dan kuasa sepenuhnya kepada direksi untuk menetapkan honorarium serta persyaratan-persyaratan lain sehubungan dengan penunjukan dan pengangkatan akuntan publik independen tersebut

Kuartal I-2021, perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp 486,1 miliar, 0,2% dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 485,2 miliar. Pada periode ini, EBITDA mencapai Rp 113,4 miliar, dengan margin 23,3%, setara pertumbuhan 11% dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 102,6 miliar.
Laba bersih meningkat signifikan, sebesar 28% menjadi Rp 76 miliar, dengan margin 15,6% dari 12,3%.

Perseroan terus mendominasi segmen konten kreatif dalam industri media Indonesia melalui upaya berkelanjutan dalam memproduksi serial drama berkualitas dengan pangsa pasar produksi 40% lebih, program reality dengan pangsa pasar produksi 45%, dan program infotainment dengan pangsa pasar produksi 34%.

Serial drama Ikatan Cinta dengan kinerja terbaik perseroan tetap mencapai rating dan audience share yang baik sejak tayang perdana Oktober 2020. Drama ini terus bertahan di posisi nomor satu selama sembilan bulan dalam 10 program teratas (all program type). Program drama perseroan lainnya, seperti Amanah Wali 4, Amanah Wali 5, Preman Pensiun 5, dan Putri untuk Pangeran juga tampil luar biasa dengan secara konsisten menduduki puncak program drama terbaik.

Selanjutnya, berbagai akun media sosial perseroan yang dikelola oleh StarHits tetap menjadi yang terbesar di Indonesia dengan 138,9 juta subscribers dan 44,1 miliar views di YouTube. Selain itu, multi-channel network (MCN) perseroan juga tetap mendominasi dengan memberikan kontribusi yang signifikan sebanyak 70,3 juta subscribers dan 8,1 miliar views. Pada Juli 2020, perseroan memulai operasi di Facebook yang dengan cepat mengumpulkan 53 juta followers dan menghasilkan 2,7 miliar views per Juni 2021. Terakhir, operasi media sosial perseroan di TikTok, September 2020, telah meraih 74 juta followers, sehingga semakin memperkuat dominasi perseroan di media sosial.

Untuk meningkatkan kualitas produksi konten dan memperkuat posisinya sebagai penyedia konten terbesar di Indonesia, perseroan telah memulai pembangunan Movieland di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City, Bogor. Movieland akan mengintegrasikan seluruh tahapan produksi dan ditargetkan bisa dimulai pada 2022

Sejalan dengan pesatnya pertumbuhan teknologi dan digitalisasi, intellectual property (IP) berperan penting dalam industri media saat ini. Berbagai pemain distribusi global telah menyadari besarnya potensi pasar Indonesia. Perseroan melihat ini sebagai peluang besar untuk terus memperluas distribusi kontennya melalui kesepakatan lisensi konten dan monetisasi IP. Melalui konten animasi perseroan yang kini telah hadir di 63 negara di seluruh dunia, perseroan telah membuktikan kemampuan dalam pengalaman distribusi konten secara global.

Perseroan juga telah membentuk divisi gaming khusus melalui PT Esports Star Indonesia (ESI) untuk memberikan solusi end-to-end yang inovatif di seluruh spektrum aktivitas yang terkait dengan game, mencakup pengembangan game, penerbitan game, organisasi kompetisi e-sport profesional, program pencarian bakat, dan pengelolaan tim E-sports. Perseroan menargetkan untuk meluncurkan game sendiri yang berjudul Rapid Fire pada September 2021 melalui kerjasama dengan LightningVR.co., Ltd (LVR).

“Kami terus berhasil meningkatkan dan memperkuat keunggulan kompetitif dari bisnis inti kami, yang menempatkan kami di jalur yang tepat untuk memberikan hasil yang telah diperkirakan. Inisiatif kami terus untuk memperkuat status perseroan sebagai bagian unik dan penting dari ekosistem media,” ujar Valencia Tanoesoedibjo, direktur MSIN.

Dia menilai, hasil kuartal I-2021 mencerminkan kemampuan perseroan untuk mendorong kinerja keuangan yang stabil di tengah kondisi ekonomi menantang saat ini. Melalui upaya bisnis IP dan e-sports, perseroan terus memperkuat dan berinvestasi dalam memberikan proposisi konten dan jangkauan terhadap audiens baru yang lebih muda di segmen baru dengan pertumbuhan terbesar, industri e-sports atau game.

“Secara keseluruhan, kemampuan kami untuk meningkatkan kekuatan dan fokus pada segmen di mana terus dapat kami kembangkan, menempatkan perseroan pada jalur pertumbuhan menguntungkan yang kuat dan berkelanjutan,” kata dia.

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN