Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sari Roti. Foto: IST

Sari Roti. Foto: IST

FOKUS BISNIS DALAM NEGERI,

Nippon Indosari Corpindo Resmi Divestasi Saham Anak Usaha

Kamis, 14 Januari 2021 | 13:28 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  — PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) resmi mendivestasikan saham anak usaha nya, yakni Sarimonde Foods Corporation (SMFC) yang berkedudukan di Filipina. Aksi ini dilakukan untuk meningkatkan bisnis perseroan di dalam negeri.

Manajamen perseroan mengatakan, penjualan dan pengalihan seluruh saham perseroan tersebut telah dilakukan pada 11 Januari 2021. Saham milik perseroan telah dijual kepada Monde Nissin Corporation (MNC), perusahaan makanan yang berkedudukan di Filipina.

“Perseroan telah menuntaskan penjualan dan mengalihkan seluruh 55% saham yang dimiliki di entitas anak kepada MNC dengan nilai Php 256,15 juta,” ujar manajemen perseroan dalam keterbukaan informasi, Kamis (14/1).

Tujuan dilakukannya aksi divestasi saham tersebut agar perseroan fokus terhadap pengembangan usaha Nippon Indosari Corpindo di dalam negeri. Adapun dana yang diperoleh dari penjualan saham anak usaha tersebut akan digunakan untuk menunjang kegiatan usaha perseroan.

“Aksi divestasi saham ini akan membuat perseroan berkonsentrasi terhadap peluang usaha yang ada di dalam negeri,” ujar dia.

Sebagai informasi, Nippon Indosari Corpindo tidak memiliki hubungan afiliasi dengan Monde Nissin Corporation. Aksi divestasi saham juga bukan merupakan transaksi material.

Beli Saham

Sari Roti. Foto: Defrizal
Sari Roti. Foto: Defrizal

Sebelumnya, Lief Holdings Pte Ltd yang berkedudukan di Singapura telah melakukan pembelian saham Nippon Indosari Corpindo pada tanggal 5 Oktober 2020.

Berdasarkan keterbukaan informasi 14 Oktober 2020, Lief Holdings telah membeli sebanyak 375.033.700 lembar saham Nippon Indosari Corpindo dengan harga Rp 1,225 per lembar.

Dalam transaksi tersebut, Lief Holdings telah mengeluarkan dana sebesar Rp 459,4 miliar untuk membeli saham Nippon Indosari Corpindo. Adapun tujuan dari transaksi ini adalah untuk investasi. Dengan transaksi ini, maka kepemilikan saham Lief Holdings di Nippon Indosari Corpindo menjadi 375,03 juta lembar saham atau 6,06%.

Lebih lanjut, Demeter Indo Investment Pte. Ltd. juga membeli saham Nippon Indosari Corpindo sebanyak 98,53 juta saham atau 1,59% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.

Demeter Indo Investment Pte. Ltd. kini memiliki saham di Nippon Indosari Corpindo sejumlah 1,21 miliar saham atau setara dengan 19,64% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh. Sebelum dilakukan transaksi ini, pihkanya memiliki saham sejumlah 1,11 miliar saham atau setara dengan 18,05%.

Dana yang dikeluarkan dari transaksi tersebut sejumlah Rp 121,2 miliar dan harga pembelian per saham sejumlah Rp 1,230. Transaksi ini telah dilakukan pada 29 September 2020. Adapun tujuan dilakukannya aksi tersebut adalah untuk investasi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN