Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Waskita Beton Precast. Foto ilustrasi: B1-Danung Arifin

Waskita Beton Precast. Foto ilustrasi: B1-Danung Arifin

Obligasi Waskita Precast Kelebihan Permintaan, Ini Kunci Suksesnya

Jauhari Mahardhika, Kamis, 20 Juni 2019 | 08:21 WIB

JAKARTA – PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) telah melangsungkan penawaran awal Obligasi Berkelanjutan I Tahap I sebesar Rp 500 miliar. Selama penawaran, total permintaan yang masuk sebesar Rp 1,09 triliun atau kelebihan pesanan (oversubscribed) sebanyak 2,18 kali.

Direktur Keuangan Waskita Beton Precast Anton Y Nugroho mengatakan, keberhasilan penerbitan obligasi tersebut tidak luput dari pemilihan timing yang tepat. “Kami memilih momentum yang tepat dalam penerbitan obligasi ini sama seperti ketika melakukan IPO pada 2016,” kata dia di Jakarta, Rabu (19/6).

Dia menegaskan, momentum ini didukung oleh kenaikan peringkat Indonesia dan banyaknya obligasi yang jatuh tempo, sehingga menambah demand. Selain itu, dikombinasikan dengan posisi keuangan perseroan yang sehat dan atraktif.

Waskita Precast melakukan penerbitan obligasi dengan beberapa faktor pendorong. Pertama, obligasi menjadi alternatif pendanaan lain dari perbankan yang selama ini digunakan oleh perusahaan. Kedua, sesuai dengan kebutuhan investasi jangka menengah-panjang perusahaan. Ketiga, memiliki jatuh tempo yang lebih panjang.

Adapun Obligasi Berkelanjutan I Tahap I memiliki tenor tiga tahun dan pembayaran bunga setiap kuartal. Masa penawaran awal (bookbuilding) berlangsung pada 29 Mei-18 Juni 2019 dan masa penawaran umum pada 1-2 Juli 2019. Ini merupakan bagian dari program Obligasi Berkelanjutan I senilai total Rp 2 triliun.

Adapun PT PT Bahana Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, PT Indo Premier Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas menjadi penjamin pelaksana emisi efek.

Obligasi Waskita Precast mendapat peringkat BBB+ dari Fitch Ratings atau termasuk dalam investment grade. Ini menunjukkan bahwa perseroan dianggap memiliki kemampuan yang cukup dalam melunasi utangnya, sehingga investor dapat berinvestasi secara aman. Selain itu, jaminan obligasi perseroan berbentuk tanpa jaminan khusus (clean basis).

Sesuai rencana, perseroan akan menggunakan 40% dana hasil penerbitan obligasi untuk mendukung penyelesaian proyek-proyek eksisting dan sebesar 60% untuk investasi pembangunan pabrik yang rencananya akan dibangun di Penajam, serta investasi penambahan kapasitas pabrik eksisting di daerah Bojonegara dan Gasing. Adapun obligasi berkelanjutan tahap selanjutnya sebesar Rp 1,5 triliun akan dilakukan paling cepat pada kuartal III-2019.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN