Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Aplikasi pembayaran OVO.

Aplikasi pembayaran OVO.

OVO dan Bareksa Hadirkan Fitur Investasi di Aplikasi

Selasa, 26 Januari 2021 | 23:37 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Visionet Internasional (OVO) dan PT Bareksa Portal Investasi bekerjasama menghadirkan produk reksa dana pasar uang yang bisa dibeli melalui aplikasi OVO. Produk reksa dana ini ditujukan untuk generasi milenial yang baru mulai berinvestasi.

Presiden Direktur OVO dan Co-Founder/CEO Bareksa Karaniya Dharmasaputra mengatakan, kebiasaan berinvestasi belum menjadi prioritas setidaknya bagi 5 dari 10 generasi milenial Indonesia. Pasalnya, mereka menilai masih terlalu muda untuk berinvestasi reksa dana dan perlu memprioritaskan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Mengacu data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks inklusi keuangan di Indonesia saat ini mencapai 76,2%. Sedangkan tingkat literasi keuangan menunjukkan angka yang lebih rendah, yakni 38%, dengan tingkat literasi di pasar modal baru sebesar 1,7%.

Data itu berbanding lurus dengan survei yang dilakukan oleh OVO dan Kantar terkait dengan kebiasaan investasi pada generasi milenial. Survei menunjukkan, sekitar 6 dari 10 responden lebih suka memiliki tabungan daripada berinvestasi. Sebanyak 50% responden juga menilai investasi reksa dana memiliki risiko terlalu tinggi bagi keuangan mereka. Salah satu penyebabnya adalah karena  proses pencairannya yang lama.

Melihat hal ini, OVO dan Bareksa meluncurkan fitur Invest di aplikasi OVO. Menurut Karaniya, integrasi e-money dan e-investment ini merupakan terobosan yang pertama kali terjadi di Indonesia. Sebelumnya, hal ini pernah terjadi di Tiongkok melalui  integrasi Alipay dan Yu’e Bao yang telah berhasil dalam mengenalkan investasi reksa dana secara masif di kalangan milenial. 

"Dalam mengembangkan terobosan ini, kami telah berkonsultasi dengan Bank Indonesia (BI) dan OJK. Untuk itu, kami berterima kasih atas dukungan BI dan OJK yang pro-inovasi dan visioner dalam pemanfaatan tekfin bagi peningkatan inklusi keuangan dan pendalaman pasar keuangan kita," kata Karaniya dalam acara Peluncuran Fitur Invest pada Aplikasi OVO yang digelar secara digital, Selasa (26/1).

Peluncuran fitur Invest ini merupakan bentuk komitmen OVO dalam membuka akses investasi bagi investor pemula. Adapun produk yang disediakan adalah reksa dana pasar uang Manulife OVO Bareksa Likuid (MOBLI). Produk ini dikelola oleh PT Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Interim Manulife Aset Manajemen Indonesia Afifa mengatakan, sebagai salah satu pengelola reksa dana di Indonesia, Manulife AM berkomitmen untuk mengembangkan industri reksa dana di Indonesia.

Produk MOBLI yang disediakan di OVO memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah pencairan dana yang dapat dilakukan secara langsung ke OVO Cash. MOBLI juga bisa dibeli dengan dana mulai Rp 10 ribu melalui OVO Cash.

MOBLI juga cocok bagi investor profesional yang ingin melakukan diversifikasi aset karena memiliki imbal hasil investasi yang menarik dengan tingkat risiko yang relatif rendah. Investor pun tidak akan dibebankan biaya pembelian maupun pencairan dana investasinya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN