Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Medco Energi. Foto: IST

Medco Energi. Foto: IST

Pefindo Berikan Peringkat A+ untuk Obligasi Medco Energi Internasional

Nabil Alfaruq, Selasa, 21 Januari 2020 | 19:35 WIB

JAKARTA, investor.id — PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat A+ kepada PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) terhadap Obligasi Berkelanjutan III Tahun 2018-2019, dan Obligasi Berkelanjutan II Tahun 2016-2017.

Pefindo mengatakan, peringkat tersebut mencerminkan kemampuan yang kuat sebagai obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang. Selain itu, kemampuan perseroan juga dinilai akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi dibandingkan dengan obligor lain.

“Meskipun demikian, kami memberikan prospek peringkat korporasi ini stabil,” ujarnya, di Jakarta, Selasa (21/01).

Selain itu, peringkat tersebut juga mencerminkan aset perseroan yang terdiversifikasi, cadangan minyak dan gas yang baik, dan manajemen operasional yang baik. Namun, peringkat dibatasi oleh struktur permodalan Perusahaan yang moderat, proteksi arus kas yang moderat, dan risiko-risiko terkait sektor komoditas.

Pefindo. Foto: Majalah Investor/UTHAN A RACHIM
Pefindo. Foto: Majalah Investor/UTHAN A RACHIM

Kemudian, Pefindo menilai bahwa peringkat tersebut dapat dinaikkan apabila perseroan memperbaiki secara signifikan struktur permodalan yang direfleksikan melalui rasio utang terhadap EBITDA lebih rendah dari 3,5 kali secara berkelanjutan, didukung oleh rencana pengurangan utang dan potensi profitabilitas yang membaik dengan dukungan dari usaha-usaha efisiensi dan ekspektasi harga komodits yang membaik.

Sebelumnya, perseroan bersama dengan PT Bayan Resources Tbk (BYAN berhasil menggalan dana US$ 1,05 miliar dari penerbitan surat utang global (global bond) yang dicatatkan di Bursa Efek Singapura (SGX). Dari penerbitan tersebut, perseroan memiliki nilai emisi sebesar US$ 650 juta dan Bayan Resources dengan senior notes perdana sejumlah US$ 400 juta.

Head of Corporate Counsel & Corporate Secretary Medco Energi Internasional Siendy Wisandana mengatakan, setelah melewati proses roadshow, perseroan akhirnya menetapkan pricing pada Kamis (16/1) malam atas obligasi yang diterbitkan oleh anak usaha perseroan, Medco Bell Pte Ltd. “Nilai penerbitannya US$ 650 juta dengan kupon 6,375%,” jelas dia.

Medco akan menggunakan hasil emisi global bond yang jatuh tempo pada 2027 tersebut untuk melunasi kembali utang (refinancing) perseroan. 10 Januari lalu, Medco telah mengajukan permohonan persetujuan (consent solicitation) kepada pemegang obligasi untuk mengamandemen syarat dan ketentuan pada dua global bond yang telah diterbitkan.

Dua global bond tersebut adalah senior notes US$ 400 juta dengan kupon 8,5% yang jatuh tempo 2022. Penerbit surat utang ini adalah Medco Straits Service Pte Ltd. Kemudian, senior notes US$ 500 juta dengan kupon 6,75% yang jatuh tempo 2025. Penerbit surat utang ini adalah Medco Platinum Road Pte Ltd.

Adapun tujuan dari amandemen ini adalah permohonan untuk menyelaraskan sejumlah ketentuan pada dua senior notes tersebut dengan ketentuan pada senior notes Medco yang jatuh tempo pada 2026 dengan kupon 7,375%. Surat utang yang diterbitkan Medco Oak Tree Pte Ltd tersebut memiliki nilai pokok US$ 650 juta.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN