Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Armada Elnusa di laut. Foto: Elnusa

Armada Elnusa di laut. Foto: Elnusa

Pefindo Tegaskan Peringkart AA- untuk Elnusa

Senin, 12 April 2021 | 18:00 WIB
Nabil Al Faruq

JAKARTA, Investor.id - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat AA- untuk PT Elnusa Tbk (ELSA) dan sukuk ijarah berkelanjutan I tahap I tahun 2020 perseroan dengan prospek (outlook) stabil.

Menurut manajemen Pefindo, peringkat tersebut mencerminkan sinergi bisnis yang kuat dengan PT Pertamina (Persero) selaku induk usaha.

Peringkat itu juga menunjukkan posisi perusahaan yang kuat, adanya diversifikasi pendapatan pada bisnis jasa pendukung dan migas, sekaligus mencerminkan kondisi keuangan perseroan yang solid.

“Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh volatilitas di sektor migas dan eksposur perseroan terhadap risiko investasi,” jelas manajemen Pefindo dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (12/4).

Peringkat tersebut, menurut Pefindo, dapat dinaikkan apabila Elnusa secara signifikan mampu memperkuat posisi bisnisnya. Hal itu dapat ditunjukkan oleh pertumbuhan pendapatan dan laba yang signifikan, dengan tetap mempertahankan rasio struktur modal konservatif dan proteksi arus kas yang kuat secara berkelanjutan.

“Peringkat juga dapat diturunkan apabila Elnusa agresi membiaya ekspansi usahanya dengan utang dalam jumlah lebih besar dari yang diproyeksikan, sehingga melemahkan ukuran struktur permodalan dan proteksi arus kas,” papar Pefindo.

Target Optimistis 

Elnusa memandang optimistis terhadap bisnisnya pada 2021. Perseroan pun menyiapkan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini sebesar Rp 600 miliar.

“Tahun ini perseroan akan melakukan investasi pada peralatan yang menunjang pekerjaan hydraulic workover unitcoiled tubing unit, hingga penambahan armada mobil tangki dan infrastruktur terminal bahan bakar minyak serta gas alam cair (liquefied petroleum gas/LPG),” kata Head of Corporate Communication Elnusa, Wahyu Irfan.

Selain itu, menurut Wahyu, Elnusa berencana investasi untuk menjaga kapasitas peralatan yang ada saat ini. Investasi tersebut sejalan dengan strategi perseroan meningkatkan kinerja pada tiga lini bisnis utama tahun ini, yaitu jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi, serta jasa penunjang, seperti strategi diversifikasi portofolio.

Melalui strategi tersebut, kata dia, Elnusa diharapkan mampu mencatatkan kinerja positif meskipun terdampak fluktuasi harga minyak dunia, pandemi Covid-19, dan fluktuasi kurs. 

“Untuk target 2021, terdapat beberapa peluang yang sedang kami bidik. Semoga peluang-peluang ini bisa direalisasikan dengan baik sehingga memberikan pertumbuhan pada kinerja perseroan pada akhir 2021,” tutur dia.

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN