Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Adira Finance

Adira Finance

Pefindo Tegaskan Peringkat AAA untuk Adira Finance

Senin, 25 Januari 2021 | 16:50 WIB
Nabil Al Faruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA , Investor.id - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat AAA untuk kredit korporasi dan oblilgasi konvesional PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) yang masih beredar. Sukuk Adira Finance yang masih beredar juga memperoleh peringkat AAA. Adapun prospek kredit perusahaan menyandang  peringkat  stabil.

“AAA merupakan peringkat tertinggi  untuk efek utang,” demikian Pefindo dalam penjelasan resmi di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut manajemen Pefindo, peringkat tersebut mencerminkan sinergi yang kuat dan hubungan yang saling menguntukan antara perseroan dan induk perusahaan, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN). Namun, peringkat tersebut dibatasi tekanan pada kualitas aset dan profitabilitas.

Pefindo menyatakan, peringkat tersebut dapat diturunkan jika terdapat bukti material terkait penurunan dukungan dari induk perusahaan. Hal itu dapat dipicu oleh menurunnya kontribusi Adira Finance kepada induk perusahaan karena posisi bisnis yang melemah. Juga jika terdapat penurunan yang signifikan dan berkelanjutan pada kualitas aset dan profitabilitas perusahaan.

Pefindo menambahkan, penyebaran Covid-19 telah menekan pertumbuhan, kualitas aset, dan profitabilitas industri pembiayaan, terutama terkait pembiayaan pada sektor-sektor ekonomi yang terkena dampak langsung, seperti perhotelan, pariwisata, restoran, serta transportasi.

“Sektor manufaktur dan perdagangan berbasis komoditas juga terpengaruh pada tingkat yang lebih rendah, karena terbatasnya akses ke tempat kerja,” jelas Pefindo.

Debitur di sektor-sektor ekonomi tersebut, menurut Pefindo, terpengaruh signifikan, sehingga kemampuan pembayaran kembali kewajiban finansial mereka menurun. Itu juga memengaruhi profil keuangan perusahaan-perusahaan pembiayaan

Namun,  Adira Finance mampu mengendalikan dampak penyebaran Covid-19 terhadap profil kredit. Pengendalian ini didukung keunggulan kompetitif perusahaan yang kuat dengan tautan kepemilikan saham Bank Danamon dan MUFG Bank, Ltd. "Kondisi itu memberikan akses pendanaan yang stabil kepada perusahaan," demikian Pefindo.

Pefindo menilai Adira Finance juga menerapkan kriteria pembiayaan yang lebih ketat dan mengintensifkan upaya penagihan angsuran, didukung infrastruktur teknologi informasi yang kuat.

“Hal tersebut diperkirakan dapat memitigasi potensi penurunan bisnis akibat proyeksi pertumbuhan penjualan otomotif nasional yang belum akan sepenuhnya pulih dalam 18-24 bulan ke depan dan dapat memengaruhi permintaan terhadap jasa pembiayaan untuk pembelian kendaraan bermotor,” papar Pefindo.

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN