Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pekerja melintasi layar pergerakan saham di galeri BEI, Jakarta. Foto: Investor Daily/David Gita Roza

Pekerja melintasi layar pergerakan saham di galeri BEI, Jakarta. Foto: Investor Daily/David Gita Roza

Pemodal Cermati Suku Bunga The Fed dan Ekonomi Domestik

Muhammad Ghafur Fadillah, Kamis, 12 Desember 2019 | 09:29 WIB

Pemodal Cermati Suku Bunga The Fed dan Ekonomi Domestik 

Pemodal Cermati Suku Bunga The Fed dan Ekonomi Domestik 

JAKARTA,Investor.id – The Federal Reserve (The Fed) menyebutkan indikasi tidak akan mengubah tingkat suku bunga akhir tahun ini. Suku bunga tersebut diperkirakan bertahan hingga tahun 2020.

Pernyataan pimpinan The Fed Jerome Powel mengindikasikan bahwa suku bunga The Fed bakal bertahan sepanjang tahun depan dan diperkirakan perubahan baru bisa terjadi pada 2021.

Terkait pernyataan The Fed tersebut, Pilarmas Sekuritas menilai bahwa pernyataan tersebut mengindikasikan data ekonomi yang masuk, dimana perkembangan global dan tekanan inflasi yang melemah.

Apalagi sejauh ini Powell menyebutkan bahwa ekonomi Amerika Serikat (AS) dan kebijakan moneternya sudah tepat dan sesuai dengan perkembangan ekonomi global. Powell juga terlihat berkeinginan untuk menaikkan inflasi atau berada di atas target sebelum kembali mempertimbangkan kenaikan tingkat suku bunga di masa depan.

"Kami melihat bahwa inflasi AS cenderung naik dari sebelumnya 1,8% menjadi 2,1% secara YoY. Pertanyaannya adalah apakah kenaikan inflasi tersebut konsisten ataupun tidak," Ujar Pilarmas dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (12/12).

Sedangkan sentimen pasar dari dalam negeri datang dari pernyataan Bank dunia yang menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun diprediksikan melandai. Dalam rilisnyaekonomi Indonesia 2019 diproyeksikan tumbuh 5%. Data yang dirilis pada Desember 2019 juga mengungkap bahwa proyeksi kenaikan ekonomi Indonesia tahun 2020 sekitar 5,1%.

Ekspektasi pertumbuhan tersebut didasarkan kondisi perekonomian global yang tidak baik yang berimbas terhadap pertumbuhan domestik Indonesia. Perkiraan tersebut juga sesuai dengan pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menyebutkan ketidakpastian dunia menekan ekonomi Indonesia.

Di tengah ketidakpastian tersebut Sri Mulyani menilai ekonomi Indonesia masih Tangguh untuk meredam imbas negatif global, sehingga ekonomi Indonesia diperkirakan tumbuh stabil di 5% di tengah.

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA