Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Foto: Perseroan.

PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Foto: Perseroan.

Pendapatan dan Laba Digital Mediatama Meningkat Tajam

Nabil Alfaruq, Jumat, 29 Mei 2020 | 05:19 WIB

JAKARTA, investor.id - PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) membukukan peningkatan pendapatan sebesar 260,4% menjadi Rp 211 miliar pada 2019. Laba bersih perusahaan periklanan itu juga melonjak 118,8% menjadi Rp 17 miliar dibandingkan 2018.

Manajemen perseroan mengungkapkan, peningkatan pendapatan dan laba bersih hingga akhir 2019 didorong oleh pertumbuhan jumlah layar yang digunakan milik perseroan sebesar 32,1% YoY menjadi 7.130 dibandingkan tahun 2018 yang sebanyak 5.300.

“Selain itu, kami melihat menguatnya tingkat adopsi dari yang diharapkan dari platform pemasaran perdagangan Pojok Bayar, yang melihat mencapai 50 ribu anggota pada tahun 2019,” jelas manajemen Digital Mediatama Maxima dalam keterangan resmi.

Sementara itu, hingga Maret 2020, perseroan telah menambahkan jumlah layar menjadi 2.600, sehingga total layar yang dimiliki oleh perseroan mencapai 9.700. Selain itu, pihaknya juga mempertahankan posisi kas bersih pada tahun 2019. Dengan demikian, perseroan masih memiliki ruang yang cukup untuk memenuhi permintaan orderbook serta mengakomodasi kemungkinan pesanan baru. 

Lebih lanjut, perseroan terus memperluas ekspansi bisnisnya melalui jaringan digital cloud advertising. Sepanjang 2019, bisnis yang dijalankan oleh perseroan ini digerakan oleh dua segmen, yakni MS dan Iaas (layar sewa dan menyediakan layanan dukungan end-to-end untuk klien). 

Secara rinci, bisnis perseroan di segmen MS hingga tahun 2019 menghasilkan pertumbuhan yang kuat. Manajemen perseroan mengatakan, pendapatan MS dan penjualan perangkat keras masing-masing mengalami peningkatan sejumlah 49,3% dan 89,7%. “Kami menambahkan layar sejumlah 1.200 ke jaringan MS, sehingga total layar yang diperoleh mencapai 6.600 atau tumbuh 22,7% YoY,” sebut manajemen.

Kemudian, dari segmen bisnis Iaas, manajemen perseroan mengumumkan bahwa pada kuartal IV-2019 pihaknya telah menjalin kerja sama dengan salah satu minimarket terbesar di Indonesia. Dalam aksi korporasi tersebut, perseroan mengimplementasikan solusi digital signage cloud di bawah skema Iaas. Kerja sama itu memiliki durasi 3 tahun dan sudah mulai dilakukan sejak kuartal I-2020.

“Kami melihat bisnis digital cloud advertising ini memberikan pasar yang besar dan belum dimanfaatkan di antara bisnis ritel tradisional Indonesia. Dengan pengalaman manajemen yang kuat dalam industri peritel dan teknologi, kami yakin dapat memperoleh kualitas pendapatan yang lebih tinggi (model pendapatan berulang),” ujar manajemen.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN