Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Chatbot Bumilangit dan strategi pemasaran yang melengkapinya berdasarkan chatbot

Chatbot Bumilangit dan strategi pemasaran yang melengkapinya berdasarkan chatbot

Pendapatan DMMX Tumbuh 270,4%, Laba Bersih Tumbuh 235,7%

Rabu, 21 Oktober 2020 | 06:41 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id - PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) terus menunjukkan pertumbuhannya dengan pendapatan  dan laba bersih pada 9M20 tumbuh 270,4% YoY dan 235,7% YoY, masing-masing menjadi Rp347,6 miliar dan Rp24,8 miliar.

Kinerja keuangan yang kuat sebagian besar didorong oleh ekspansi yang kokoh dari segmen cloud advertising dan trade marketing.

Segmen digital cloud advertising (Managed Services and Infrastructure-as-a-Services) DMMX menghasilkan pertumbuhan top-line sebesar 57,8% YoY menjadi Rp71,5 miliar di 9M20, sebagian besar berasal dari aktivitas penyebaran layar yang berkelanjutan. Pada akhir September, DMMX telah memasang 12.823 layar (+103,8% YoY), mencakup 9.373 titik (+90,6% YoY). Pendapatan segmen trade marketing tumbuh sebesar 467,8% YoY menjadi Rp275,5 miliar di 9M20, didukung oleh peningkatan jumlah anggota gerai Pojok Bayar sebesar 57,1% YoY menjadi 74.078 pada akhir September.

Laba kotor dan laba operasi 9M20 tumbuh 97,8% dan 87,7% YoY masing-masing menjadi Rp36,2 miliar dan Rp18,1 miliar, didukung oleh ekspansi top-line yang kuat. Selama situasi Covid -19, DMMX terus menunjukkan ketahanan profitabilitas dengan margin laba kotor tetap kuat di 10,4% (vs. 10,7% di 1H20), meskipun terdapat peningkatan kontribusi top line dari segmen trade marketing yang digerakkan oleh GMV (79,2% dari pendapatan 9M20 vs. 77,8% dari pendapatan 1H20).

Sejalan dengan itu, margin laba operasi mencapai 5,2% di 9M20 (vs. 5,7% di 1H20), sedikit tertekan oleh peningkatan rasio biaya operasional terhadap pendapatan dari 5,0% di 1H20 menjadi 5,2% di 9M20, terkait dengan peningkatan dalam penyebaran layar (+2.093 layar di 3Q20 vs. 982 layar di 2Q20).

Laba bersih yang dapat diatribusikan pada 9M20 tumbuh sebesar 235,7% YoY menjadi Rp24,8 miliar, sebagian besar disebabkan oleh ekspansi organik dan evolusi operasi DMMX. DMMX mempertahankan posisi keuangan yang kuat dengan posisi kas bersih sebesar Rp174,1 miliar pada 9M20, memberikan banyak ruang ekspansi untuk membiayai upaya ekspansi jaringan titik  iklan yang terus berlanjut. 

Tailwind Bumilangit 

Bumilangit adalah perusahaan hiburan yang memiliki salah satu koleksi kekayaan intelektual (IP) komik superhero terbesar di Asia.
Bumilangit adalah perusahaan hiburan yang memiliki salah satu koleksi kekayaan intelektual (IP) komik superhero terbesar di Asia.


Pada Juli 2020, DMMX mengumumkan kemitraan dengan PT Bumilangit Entertainment Corpora (Bumilangit), sebuah perusahaan hiburan yang mengelola +1.100 kekayaan intelektual/intellectual property (IP) superhero komik di Asia. DMMX akan meminjamkan kemampuan platform dan keahlian digitalnya kepada Bumilangit, sembari mendapatkan akses ke basis data IP Bumilangit, yang memiliki potensi pengembangan luar biasa dalam hal memperkaya konten DMMX.

Sebagai gantinya, Bumilangit akan mendapatkan peningkatan eksposur terhadap produk dan layanannya melalui platform digital DMMX yang sedang berkembang serta mengakses peluang ikatan/bundling dengan klien DMMX.

Pada 3Q20, kemitraan DMMX-Bumilangit telah mulai berkembang dengan konten berbasis IP Bumilangit, berinovasi untuk melibatkan berbagai fandom buku komik dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Misalnya, DMMX memperkenalkan chatbot Bumilangit (dibangun di atas WhatsApp Business Account (WABA) Grup MCAS), yang mana penggemar dapat memperoleh akses ke konten-konten eksklusif (stiker karakter) dan rewards (paket produk digital).

DMMX dan Bumilangit dapat memperoleh insight berharga tentang berbagai fandom karakter yang akan menyempurnakan strategi promosi, terutama untuk 5 film mendatang dalam rangkaian Bumilangit Cinematic Universe.

DMMX melihat potensi perkembangan yang kuat dalam bisnis konten digital yang didukung oleh portofolio Bumilangit yang semakin berkembang, seperti terlihat dari pengumuman kemitraan baru-baru ini dengan Disney+ Hotstar dan Kaskus (forum Internet Indonesia dengan salah satu komunitas online terbesar). Kemitraan-kemitraan ini diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan distribusi dan feedback untuk berbagai proyek BumiLangit.

Meluncurkan KasirKu

Pada Juli 2020, DMMX bermitra dengan PT Multidaya Dinamika (MDD), entitas anak PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk (IDX: DIVA),bersama dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk meluncurkan kios digital KasirKu, sebuah platform transaksi mandiri untuk membeli kartu e-money dan melakukan layanan top-up.

Kios digital ini juga dilengkapi dengan infrastruktur periklanan berbasis cloud milik DMMX yang dapat menjangkau hingga 1 juta penumpang Transjakarta setiap harinya. Inisiatif ini bertujuan untuk mempromosikan penggunaan layanan digital, khususnya untuk pembayaran dan transaksi, terutama selama periode social distancing ini.

Solusi iklan berbasis cloud yang ada di kios digital KasirKu akan menjadi jalan yang menarik bagi Perseroan untuk memasarkan produknya kepada pengguna Transjakarta.

Selain itu, DMMX akan menghubungkan kios dengan Advertising Exchange Hub (Adex Hub), yang akan memfasilitasi konten-konten iklan yang dinamis di layar. DMMX berharap dapat membantu Transjakarta meningkatkan proses operasional sehari-hari dan memanfaatkan potensi kepadatan penumpang di halte Transjakarta.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : PR

BAGIKAN