Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) luncurkan livery branding logo Bangga Buatan Indonesia (BBI) dipasang pada salah satu armada Boeing 733-800
Sumber: Istimewa

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) luncurkan livery branding logo Bangga Buatan Indonesia (BBI) dipasang pada salah satu armada Boeing 733-800 Sumber: Istimewa

Pengesahan Perdamaian PKPU Ditunda, Garuda Indonesia (GIAA) Legowo

Kamis, 23 Juni 2022 | 05:00 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menerima keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang menunda pengesahan rencana perdamaian, sesuai hasil pemungutan suara (voting) dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) pada Senin (20/6/2022).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan, sepenuhnya menghormati pertimbangan Majelis Kakim Pemutus tersebut. Dijelaskan bahwa penundaan yang ditetapkan oleh Majelis Hakim Pemutus tersebut mempertimbangkan tanggapan salah satu kreditur terkait proses verifikasi penentuan nilai tagihan maupun ketentuan administratif terhadap tahapan PKPU.

Adapun sesuai keputusan Majelis Hakim Pemutus, agenda sidang pengesahan hasil voting rencana perdamaian akan dilakukan pada 27 Juni 2022.

"Kami tentunya memahami bahwa pengesahan rencana perdamaian yang telah disetujui kreditur melalui pemungutan suara, harus dilakukan secara seksama dengan memperhatikan berbagai aspek good governance yang turut meliputi pertimbangan pemenuhan kebijakan administratif. Kami juga memperhatikan ketentuan penunjang lainnya dalam kesepakatan homologasi Garuda bersama krediturnya oleh seluruh pemangku kepentingan terkait,” papar Irfan dalam keterangan resmi pada keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (22/6/2022)

Baca juga: Pengamat Apresiasi Positif Kebijakan Menteri BUMN terkait Garuda

Sejalan dengan persetujuan dukungan mayoritas kreditur pada pemungutan suara rencana perdamaian pada Jumat (17/6/2022), GIAA juga terus mengoptimalkan berbagai langkah kesiapan implementasi proposal perdamaian. Irfan menegaskan, hal ini tentu terus diselaraskan dengan rencana bisnis yang telah dibahas dan disepakati bersama kreditur.

"Hal ini menjadi basis penting bagi kami untuk memastikan langkah-langkah pemulihan kinerja dapat berjalan secara optimal dan terukur guna menunjang keberlangsungan bisnis Garuda Indonesia dalam jangka panjang,” ujar dia.

Sebelumnya, GIAA menyampaikan apresiasi kepada kreditur yang telah memberikan dukungan pada rapat pemungutan suara, Jumat (17/6/2022). Garuda Indonesia berhasil meraih persetujuan atas proposal perdamaian dengan perolehan suara lebih dari 95,07% untuk headcount kreditur dan 97,46% dari nilai tagihan yang telah diakui dan terverifikasi Tim Pengurus.

Voting dari proses PKPU di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tersebut dihadiri para kreditur, termasuk perwakilan lessor yang hadir secara luring maupun daring.

Baca juga: Masih Ada Lessor Keberatan Voting PKPU, Bos Garuda (GIAA) Buka Suara

Irfan pun berterima kasih kepada para kreditur, pemerintah, dan segenap pemangku kepentingan, atas partisipasi serta dukungan tanpa henti terhadap proses restrukturisasi Garuda. Menurut dia, hal ini telah dioptimalkan melalui serangkaian proses PKPU.

“Kami berharap apa yang telah kita capai dapat menjadi awal dari upaya Garuda memulai transformasi menjadi entitas bisnis kebanggaan Indonesia yang lebih sehat, adaptif, dan berdaya saing,” ucapnya kala itu.

Irfan menilai, hasil voting tersebut sekaligus menjadi wujud kepercayaan dan optimisme pihak-pihak terkait terhadap pemulihan dan masa depan bisnis Garuda Indonesia.

“Proposal perdamaian yang disetujui oleh mayoritas kreditur, disusun GIAA dengan mempertimbangkan kepentingan para kreditur dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban usahanya,” pungkasnya. (C02)

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com