Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur The Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell. ( Foto: Eric BARADAT / AFP )

Gubernur The Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell. ( Foto: Eric BARADAT / AFP )

Perhatian Pasar Tertuju pada Powell

Kamis, 22 Juli 2021 | 09:38 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id — Perhatian pelaku pasar dan investor masih tertuju terhadap pencalonan dari Jerome Powell sebagai ketua The Fed dua periode. Dukungan ini terus mengalir dan diharapkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan kesempatan kepada Powell untuk menjabat lagi.

Pilarmas dalam riset hariannya, Kamis (22/7), menyebutkan bahwa White House sejauh ini masih belum berdiskusi dengan Biden terkait dengan potensi 2 periode Powell sebagai Ketua The Fed, namun keputusan itu diharapkan dapat keluar pada bulan September mendatang.

Sejauh ini banyak pihak yang memuji kepemimpinan Powell ketika memimpin bank sentral. Ketenangan dan kebijaksanaannya telah membawa The Fed untuk dapat memberikan topangan yang dibutuhkan Amerika di tengan pandemi Covid-19.

Dalam keputusan tersebut, Biden tentu saja akan melibatkan beberapa tim ekonomi seniornya untuk membantu dirinya dalam membuat kebijakan moneter. Menteri Keuangan AS Yellen yang merupakan sahabat baik dari Powell dinilai juga akan mendukung Powell untuk menjawab 2 periode.

“Yellen sangat senang dengan kepemimpinan Powell yang dapat memimpin bank sentral di tengah pandemi Covid-19 dan memberikan dukukan yang dibutuhkan bagi Amerika kala itu,” jelas Pilarmas Sekuritas.

Sebagai informasi, masa jabatan Powell akan berakhir pada Februari mendatang, dan sepanjang sejarahnya, Presiden akan memutuskan apakan mencalonkan kembali Powell atau tidak sebagai ketua bank sentral.

Apabila Powell tidak dicalonkan kembali, maka kemungkinan besar nama-nama seperti Lael Brainard akan menggantikannya, meskipun Pilarmas menilai bahwa sejauh ini masih belum ada nama yang dapat menggantikan Powell dengan caranya memimpin bank sentral.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN