Menu
Sign in
@ Contact
Search
Direktur Utama & Co Founder WIR Group (WIRG) Michel Budi Wirjatmo. (Beritasatu Photo/Uthan AR)

Direktur Utama & Co Founder WIR Group (WIRG) Michel Budi Wirjatmo. (Beritasatu Photo/Uthan AR)

Perkenalkan! Perusahaan Metaverse Bentukan WIR Asia (WIRG) dan Grup Salim

Minggu, 11 September 2022 | 16:21 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT WIR Asia Tbk (WIRG) bersama Grup Salim membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) bernama PT Metaverse Indonesia Makmur. Pembentukan perusahaan baru tersebut dilakukan WIR Asia melalui PT Mata Nilai Republik dan Grup Salim lewat PT Surya Semesta Karya Persada pada 7 September 2022.

"Perseroan melalui PT Mata Nilai Republik bersama PT Surya Semesta Karya Persada telah membuat akta pendirian perusahaan baru dengan nama PT Metaverse Indonesia Makmur. Tujuan transaksi adalah mendorong kemajuan platform metaverse di Indonesia," kata Corporate Secretary WIR Asia Ira Yuanita dalam keterangan tertulis, yang dikutip pada Minggu (11/9/2022).

Baca juga: WIR Asia (WIRG) ‘Mesra’ sama DCI Indonesia (DCII), Ada Apa?

Ira mengungkapkan, perusahaan patungan tersebut memiliki modal ditempatkan dan disetor penuh sebesar Rp 10 miliar. "Masing-masing bagian kepemilikan PT Mata Nilai Republik sebesar Rp 5,1 miliar atau setara dengan 51% dan PT Surya Semesta Karya Persada sebesar Rp 4,9 miliar atau setara dengan 49%," jelas dia.

Executive Director Salim Group Axton Salim sebelumnya mengatakan, pihaknya bersama dengan WIR Asia (WIRG) telah sepakat untuk membentuk kerja sama patungan dalam mengembangkan platform metaverse. Axton mengungkapkan, tantangan bisnis di era digital bukan hanya menuntut adanya sumber daya manusia (SDM) yang unggul, namun juga dukungan teknologi tinggi untuk mampu bersaing di kancah domestik maupun global.

Baca juga: Anak Usaha Indika (INDY) Gandeng WIR Asia (WIRG), Buat Proyek Otomotif di Metaverse

“Kami menilai, kerja sama melalui joint venture dengan WIR Group akan memberikan kesempatan luar biasa bagi pengembangan bisnis korporasi di masa depan. Dengan mengadopsi platform metaverse, kami bisa menggali potensi dan peluang-peluang bisnis yang sebelumnya tidak terbayangkan,” kata Axton.

Direktur Utama WIR Group Michel Budi Wirjatmo mengatakan, pihaknya akan menjaga kepercayaan yang diberikan Grup Salim dengan menghadirkan solusi teknologi terdepan, berdasarkan keahlian dan pengalaman perusahaan dalam pengembangan teknologi metaverse yang sudah diakui di banyak negara.

Baca juga: Surge (WIFI) Akan Resmikan Ekosistem Metaverse

“Kami memiliki kemampuan membangun dan mengembangkan teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Artificial Intelligence (AI), yang dapat mendukung bisnis Grup Salim memasuki era baru digital tanpa batas melalui teknologi metaverse yang kami kembangkan,” ujar dia.

Michel menambahkan, dunia metaverse yang tanpa batas bukan saja akan membuat bisnis menjadi lebih efisien dan efektif, tetapi juga menghadirkan peluang-peluang baru. Namun, diperlukan cara-cara khusus untuk menavigasi pengguna dalam berinteraksi dan memanfaatkan peluang yang tersedia di dunia metaverse.

Baca juga: Mantap! Telkom (TLKM) Kembangkan Metanesia, Dunia Metaverse Serba Bisa

“Dengan keahlian dan pengalaman WIR Group yang telah merintis pengembangan teknologi metaverse sejak 2009 dan menyelesaikan ribuan proyek di sejumlah negara, kami optimistis bisa membantu industri, termasuk Grup Salim untuk masuk dan menjelajahi dunia metaverse, guna menghadirkan inovasi dan terobosan baru serta memanfaatkan setiap peluang yang ada demi pengembangan usaha,” ungkap Michel.

Dia menerangkan, joint venture bersama Grup Salim diharapkan dapat mendorong kemajuan platform metaverse di Indonesia, sekaligus memastikan jaringan bisnisnya tetap terdepan dan kompetitif. Sebagai salah satu perusahaan teknologi perangkat lunak metaverse asal Indonesia, emiten berkode saham WIRG ini rencananya akan memperkenalkan prototipe metaverse Indonesia pada November 2022.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com