Menu
Sign in
@ Contact
Search
Investor melihat pergerakan saham melalui layar computer di Depok, Jawa Barat. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Investor melihat pergerakan saham melalui layar computer di Depok, Jawa Barat. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pilarmas: IHSG Melemah, Lima Saham Ini Masuk Daftar Calon Jawara

Selasa, 22 Nov 2022 | 08:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, berdasarkan analisa teknikal, IHSG berpotensi melemah terbatas pada perdagangan Selasa (22/11/2022). IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak pada rentang 7.000 – 7.102. Lima saham ini masuk daftar calon jawara, salah satunya BBYB.

Pada perdagangan Senin (21/11/2022), IHSG ditutup melemah sebesar 18 poin (0,27%) ke level 7.063. Sektor teknologi, keuangan, bahan baku, konsumen primer, property dan real estate bergerak negatif dan mendominasi penurunan IHSG.  

Pilarmas Investindo Sekuritas menjelaskan, Bank Sentral Tiongkok akhirnya mempertahankan tingkat suku bunga mereka untuk ke tiga kalinya, karena tampaknya mulai berhati-hati terhadap prospek inflasi yang mulai mengalami kenaikkan. Bank Sentral Tiongkok melihat bahwa bahwa inflasi yang dapat meningkat inilah yang membuat ruang pelonggaran kebijakan moneter menjadi lebih terbatas.

Baca juga: Phintraco Sekuritas: Pasar Wait and See Risalah FOMC The Fed, Perhatikan ADRO Hingga CPIN

Advertisement

Bank Sentral Tiongkok bersama dengan Komisi Regulasi Perbankan serta Asuransi Tiongkok juga mendesak perbankan untuk dapat memperluas pinjaman jangka menengah dan panjang untuk dapat membantu pembiayaan yang dapat mendorong peningkatan terhadap investasi yang efektif. “Hal ini tentu saja memberikan sebuah gambaran bahwa Tiongkok mulai berbenah untuk mengejar ketertinggalannya, meskipun dunia masih diliputi oleh ketidakpastian. Tiongkok tetap bertahan dengan situasi dan kondisi yang ada,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Selasa (22/11/2022).  

Sementara itu, Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, Gubernur Bank Indonesia dihadapan anggota komisi XI DPR RI menyampaikan padangan ekonomi di tahun 2023 di tengah ketidakpastian akan datang, Bank Indonesia memprediksi kondisi pertumbuhan ekonomi global dengan scenario terburuk hanya tumbuh 2%. Prediksi ini seiring dengan terjadinya perlambatan ekonomi di seluruh dunia dan juga fase menuju resesi khususnya di Amerika Serikat dan Eropa.

Baca juga: Artha Sekuritas: IHSG Melemah, Tujuh Saham Pilihan Jangan Sampai Lolos!

Pilarmas Investindo Sekuritas menambahkan, potensi perlambatan tersebut seiring dengan kondisi masih dibayangi dengan laju inflasi, harga komoditas, geopolitik Rusia-Ukraina, dan rencana lockdown Tiongkok akibat covid-19 akan diperpanjang hingga tengah tahun depan. Dengan kondisi demikian , tentunya ini menjadi perhatian pasar sehingga dampak atas kondisi tersebut tentunya akan berdampak pada kondisi global, sehingga berpotensi memunculkan risiko sejumlah negara akan mengalami perlambatan pertumbuhan ekonominya.

Oleh sebab itu, Pilarmas Investindo Sekuritas berharap bahwa pemerintah bersama dengan bank sentral terus melakukan bauran kebijakan agar di masa yang akan datang perekonomian Indonesia mendapatkan pijakan yang kian pasti. Apalagi kalau diperhatikan, Indonesia dapat menjadi mercusuar perekonomian dunia pada tahun 2023 mendatang, ditengah ketidakpastian yang terjadi saat ini. Stabilitas pemulihan ekonomi akan menjadi kunci menurut kami dalam menjaga pertumbuhan ekonomi di masa depan nanti. Sejauh ini pencapaian yang dilakukan oleh pemerintah dan bank sentral sudah lebih dari cukup, namun tidak boleh berhenti sampai disini.

Baca juga: Yugen: Manfaatkan Tekanan Jadi Akumulasi Beli Saham Fundamental Kuat, Diantaranya ASII

“Karenanya, pemerintah dan bank sentral di harapkan dapat terus melakukan mitigasi risiko terhadap ketidakpastian di masa yang akan datang, untuk dapat menjaga perekonomian untuk tetap berkelanjutan,” tambah Pilarmas Investindo Sekuritas.

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan lima saham pilihan yang masuk daftar calon jawara pada perdagangan hari ini. Kelimanya adalah BBYB, BIPI, EMTK, TLKM, ADRO.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com