Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pengunjung melihat  pergerakan saham di layar elekronik Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta.  Foto ilustrasi:  BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pengunjung melihat pergerakan saham di layar elekronik Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pilarmas: IHSG Melemah, Saham-saham Ini Malah Diprediksi Melesat

Rabu, 28 September 2022 | 07:20 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan berdasarkan analisa teknikal, IHSG berpotensi melemah  pada perdagangan Rabu (28/9/2022). IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak pada kisaran 7.085-7.179. Saham-saham ini malah diprediksi melesat pada perdagangan hari ini, diantaranya TBIG dan WMPP.

“Level 7.100 akan menjadi bantalan berikutnya. Cermati dan amati situasi dan kondisi saat ini ya,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Rabu (28/9/2022).

Pada perdagangan Selasa (27/9/2022), IHSG ditutup melemah sebesar 15 poin (0,21%) ke level 7.112. Sektor bahan baku, keuangan, konsumen non primer, konsumen primer bergerak negatif dan mendominasi penurunan IHSG.

Baca juga: Phintraco Sekuritas: IHSG Rebound, Saham-Saham di Kisaran Support Layak Dikoleksi

Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan, invasi masih belum usai. Rusia dengan Eropa yang dimana 3 jalur pipa mengalami kerusakan akibat dugaan sabotase, sehingga Gazprom PJSC memberikan peringatan bahwa rute yang ada saat ini untuk pengiriman ke Eropa Barat sangat berisiko. Jaringan pipa yang rusak telah meninggalkan kebocoran gas dan telah meledak di laut Baltik, hal ini juga dilaporkan oleh seismolog dari Swedia yang dilaporkan terdapat 2 ledakan. Jerman dan Amerika melihat insiden itu tampak seperti sabotase.

“Kita saat ini berada di situasi dan kondisi yang dimana Eropa masih berpotensi untuk mengalami kontraksi terbesar sejak Perang Dunia ke 2, dan Jerman mungkin akan menjadi yang paling terbebani. Eropa tengah melakukan perjalanan menuju resesi yang cukup dalam saat ini, dan cepat atau lambat apabila tidak ada tindakan nyata, kami melihat hal itu berpotensi besar untuk terjadi,” tambah Pilarmas Investindo Sekuritas.

Baca juga: Artha Sekuritas: IHSG Melemah, Cermati Saham WIIM Hingga TOWR

Pilarmas Investindo Sekuritas menambahkan, BMKG memprediksi musim hujan pada 2022/2023, akan datang lebih awal dibandingkan saat normalnya dengan sifat hujan yang mirip dengan kondisi musim hujan normalnya. Puncak musim hujannya pun diperkirakan terjadi pada Desember 2022 dan Januari 2023 dengan 295 ZOM (42,2%). BMKG pun memproyeksi fenomena La Nina atau fenomena di mana curah hujan berkisar 20% - 40%, akan terus melemah dan menuju netral pada periode puncak musim hujan yang diperkirakan sebelumnya.

Perkembangan La Nina per pertengahan Agustus lalu masih berlangsung dengan intensitas lemah dengan nilai anomali suhu di Samudra pasifik bagian tengah dan timur (atau disebut sebagai indeks Nino 3.4) sebesar -1.04. Sementara, kondisi anomali suhu permukaan laut di Samudera Hindia menunjukan fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) dalam kondisi negative dengan indeks Dipole Mode sebesar -1.0.

Baca juga: Yugen: IHSG Melemah, Perhatikan ITMG dan Enam Saham Pilihan Lainnya

“Kami memandang bahwa Indonesia sudah harus melakukan sikap antisipatif sebagaimana fenomena tersebut dapat mengganggu aktivitas produksi untuk industri dengan output yang bersifat komoditas, demikian pelaku usaha di mana hal ini juga menyebabkan adanya tingkat kecelakaan yang tinggi terutama pada sektor pertambangan,” papar Pilarmas Investindo Sekuritas.

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan saham-saham yang berpotensi melesat pada perdagangan hari ini, yaitu TBIG, CPIN, BMRI, TOBA, WMPP.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com