Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pantulan langkah kaki karyawan saat melintas di depan monitor saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Foto ilustrasi:  Beritasatu Photo/Uthan AR

Pantulan langkah kaki karyawan saat melintas di depan monitor saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Pilarmas: IHSG Melemah Terbatas, FREN Hingga PWON Malah Calon Untung Gede Loh!

Rabu, 30 Nov 2022 | 07:45 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan, berdasarkan analisa teknikal, IHSG berpotensi melemah terbatas pada perdagangan Rabu (30/11/2022). IHSG diperkirakan akan bergerak pada rentang 6.978 – 7.086. FREN hingga PWON malah disebut calon untung gede.

Pada perdagangan Selasa (29/11/2022), IHSG ditutup melemah sebesar 5 poin (0,08%) ke level 7.012. Sektor teknologi, keuangan, transportasi dan logistic, infrastruktur bergerak negatif dan mendominasi penurunan IHSG.  

Pilarmas Investindo Sekuritas menjelaskan, ditengah situasi dan kondisi yang penuh dengan ketidakpastian di Jepang, data terbaru mengenai pasar tenaga kerja menunjukkan tanda tanda adanya pengetatan yang lebih lanjut pada bulan Oktober lalu, sebuah perkembangan dimana yang akan menjaga tekanan ke atas pada upah pekerja. Sejauh ini proyeksi mengenai pasar tenaga kerja masih sesuai dengan para proyeksi analis.

Baca juga: Saham-saham Inggris dan Prancis Menghijau, Jerman Melempem

Advertisement

Saat ini Jepang masih berjibaku dengan kehadiran inflasi yang tinggi, namun dengan tingkat suku bunga yang masih rendah. Bagi Kuroda, kenaikkan inflasi belum dapat memberikan sebuah kepastian bahwa inflasi terjadi secara berkelanjutan. Hal inilah yang membuat Kuroda belum akan mengubah kebijakan tingkat suku bunganya, setidaknya hingga tahun depan.

“Meskipun rezim Kuroda akan berakhir tahun depan, namun menjadi pertanyaan yang menarik adalah, apakah situasi dan kondisi yang sama akan berganti atau justru berlanjut pada tahun depan? Yuk kita nantikan, sampai saatnya tiba kami pikir Jepang tidak akan bergerak kemana mana, kecuali Yen yang kian melemah akibat divergensi kebijakan yang semakin jauh dengan The Fed,” ungkap Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Phintraco Sekuritas: Perhatikan Level Psikologis 7.000, Saham-saham Komoditas Berpotensi Rebound

Pilarmas Investindo Sekuritas menambahkan, kondisi pasar obligasi cenderung menantang di mana tercermin dari sejumlah pantauan. Pertama, kenaikan suku bunga agresif BI. Kedua, aliran modal asing terpantau sell-off sebesar Rp162 triliun dengan penurunan sebesar -18% ytd per 25 November 2022. Ketiga, yield obligasi acuan 10 tahun mengalami kenaikan mencapai 7%. Keempat, pelemahan nilai tukar meskipun masih lebih baik dibanding negara berkembang lainnya.

“Meski demikian, jika dilihat dari pergerakan indeks komposit pasar obligasi masih menarik dengan mencatatkan return positif sebesar 6% ytd per 28 Nov 2022, meskipun memang geraknya cenderung fluktuatif dengan sentimen yang ada,” jelas Pilarmas Investindo Sekuritas.  

Baca juga: Yugen: Fluktuasi Harga Komoditas Bayangi IHSG, Monitor Daftar Belanja Saham Hari Ini

Namun, mempertimbangkan kondisi pasar saat ini, Pilarmas Investindo Sekuritas melihat terbuka peluang risk-off dan beralih ke pasar obligasi yang cenderung lebih aman. Namun, yang akan menjadi threshold dari sisi pilihan pelaku pasar atas durasi investasinya. Terlebih, sentimen adanya sikap dovish dari bank sentral global untuk memperlambat laju kenaikan suku bunga dapat menjadi sentimen yang mendorong kembali pasar obligasi merekah pada tahun depan.

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan saham-saham calon untung gede pada perdagangan hari ini. Saham-saham tersebut adalah FREN, PGAS, BBRI, ICBP, PWON.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com