Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pekerja melintasi layar pergerakan saham di gedung BEI, Jakarta. Foto ilustrasi: Investor Daily/David Gita Roza

Pekerja melintasi layar pergerakan saham di gedung BEI, Jakarta. Foto ilustrasi: Investor Daily/David Gita Roza

Pilarmas: IHSG Melemah Terbatas, Unggulkan JPFA Hingga BBNI

Jumat, 4 Nov 2022 | 07:22 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut berdasarkan Analisa teknikal, IHSG melemah terbatas pada perdagangan Jumat (4/11/2022). IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak pada rentang 6.946-7.071. Unggulkan JPFA hingga BBNI.

Pada perdagangan Kamis (3/11/2022), IHSG ditutup menguat sebesar 18 poin (0,27%) ke level 7.034. Sektor teknologi, energi, transportasi & logisti, keuangan, industri, properti & real estate bergerak positif dan mendominasi kenaikan IHSG.

Pilarmas Investindo Sekuritas menjelaskan, pembangunan IKN ini memang cukup prospektif bagi sejumlah emiten bidang infrastruktur seperti konstruksi dan infrastruktur telekomunikasi. Baru saja lelang proyek juga yang sebelumnya dilakukan, menunjuk PTPP untuk proyek pembangunan istana negara dan lapangan upacara IKN sebesar Rp1,34 triliun dan gedung kantor Presiden sebesar Rp1,56 triliun.

Baca juga: Gagal Ginjal Akut, DPR Minta BPKN Serius Lindungi Konsumen

Advertisement

Sementara, WSKT mendapatkan proyek pembangunan gedung sekretariat presiden dan Gedung pendukung IKN sebesar Rp1,35 triliun. Hal ini tentunya meningkatkan capaian raihan kontrak ke dua emiten tersebut. Ditinjau dari sisi pendanaan, terlihat optimisme adanya permintaan kredit dari sektor konstruksi. Pembiayaan di sektor konstruksi akan berfokus pada proyek-proyek yang diadakan pemerintah dengan APBN. BI pun mencatatkan pertumbuhan kredit untuk konstruksi pada September 2022 tipis saja sebesar 0,7% secara tahunan.

“Hanya saja, kami melihat emiten yang memenangkan tender proyek pembangunan IKN akan marak melakukan aksi korporasi right issue ketimbang menggunakan fasilitas perbankan di era kenaikan suku bunga agresif,” tambah Pilarmas Investindo Sekuritas.  

Baca juga: Phintraco Sekuritas: IHSG Melemah, Perhatikan Saham Komoditas dan Perbankan

Namun, apabila kebijakan moneter cenderung melambat tahun depan, maka membuka ruang pertumbuhan kredit konstruksi di tahun depan. Sektor konstruksi yang memang tergolong capital intensive atau padat modal di mana bergantung dengan pendanaan eksternal masih mengalami kesulitan dalam hal mendapatkan pendanaan, sehingga perbankan hanya memprioritaskan pendanaan untuk proyek pemerintah saja.

“Terlebih, masa pemerintahan yang tidak lama lagi akan berganti belum diketahui apakah arah pengembangan ekonomi ke depannya berarah pada melanjutkan pembangunan infrastruktur. Jika Ya, ini tentunya masih akan menjadi katalis positif bagi emiten konstruksi,” papar Pilarmas Investindo Sekuritas.

Baca juga: Rugi Turun, Saham Pool Advista Finance (POLA) Bakal Menuju Rp 500

Hingga Agustus 2022, Pilarmas Investindo Sekuritas  menyebut, PTPP membukukan kinerja penjualan sebesar Rp9,02 triliun atau meningkat sebesar 40%. Namun, laba bersih yang berhasil dibukukan tipis saja atau sebesar 1,84% menjadi Rp112 miliar. Hal ini seiring dengan kenaikan harga bahan baku yang memang melonjak. PTPP juga menerapkan manajemen strategi dalam bentuk rencana divestasi di sejumlah proyek konstruksi dengan rentang IRR antara 10 - 16%. Kontrak baru yang diperoleh PTPP per Agustus 2022 sebesar Rp15,79 triliun yang terdiri dari pelabuhan, pipa di Batang dan rumah sakit. Saat ini PTPP diperdagangkan di level 20,42x P/E.

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan beberapa saham pilihan untuk diperdagangkan pada hari ini. Saham-saham pilihan tersebut adalah JPFA, TLKM, PGAS, AKRA, BBNI.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com