Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pengunjung mengamati pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pengunjung mengamati pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pilarmas: IHSG Menguat Terbatas, Perhatikan Lima Saham Pilihan Berpotensi Cuan  

Jumat, 19 Agustus 2022 | 07:15 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan berdasarkan analisa teknikal, IHSG berpotensi menguat terbatas pada perdagangan Jumat (19/8/2022). IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak pada level 7.159-7.219. Perhatikan lima saham pilihan berpotensi cuan pada perdagangan hari ini, diantaranya BBNI dan FREN.

Pada perdagangan Kamis (18/8/2022), IHSG ditutup menguat sebesar 53 poin (0,74%) ke level 7.186. Sektor energi, industri, konsumen primer, transportasi dan logistic, konsumen non primer, dan keuangan bergerak positif dan mendominasi kenaikan IHSG kemarin.  

Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan, dalam risalah The Fed, para pejabat mengatakan dan setuju bahwa diperlukan adanya kenaikkan tingkat suku bunga, namun mereka juga ingin mengukur bagaimana pengetatan moneter yang dilakukan oleh The Fed dapat bekerja secara efektif untuk mengendalikan inflasi di Amerika. Pelaku pasar dan investor melihat risalah tersebut sebagai sebuah tanda bahwa The Fed akan mulai mengurangi kecepatan dalam menaikkan tingkat suku bunga.

Baca juga: Phintraco Sekuritas: Saham Batu Bara Diperkirakan Kembali Jadi Mover IHSG Hari Ini

Pilarmas Investindo Sekuritas menilai, saat ini pelaku pasar dan investor melihat ada potensi kenaikkan tingkat suku bunga akan naik hanya 50 bps. Apalagi seperti yang kita ketahui, inflasi di Amerika mulai bereaksi terhadap kenaikkan tingkat suku bunga. Meskipun tidak bisa kita pungkiri bahwa masih banyak pejabat yang mengatakan bahwa, jarak antara inflasi dan tingkat suku bunga sudah terlalu jauh. “Sehingga tentu saja dibutuhkan kenaikkan yang lebih besar untuk mengatasi inflasi,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Jumat (19/8/2022).

Sejauh ini, Pilarmas Investindo Sekuritas menjelaskan, secara isi dari risalah tersebut, terlihat bahwa The Fed masih terus harus mengendalikan inflasi, meskipun ada kekhawatiran bahwa The Fed akan melakukan pengetatan kebijakan moneter untuk waktu yang sangat lama. Ada kemungkinan harapan bahwa perekonomian akan terus tumbuh, meskipun di tengah situasi dan kondisi yang kian tidak pasti.

“Tampaknya, kalau tenaga kerja masih terlihat kuat, The Fed masih akan mampu untuk mendorong tingkat suku bunga untuk bergerak naik ke atas, karena perekonomian memiliki daya tahan yang lebih kuat untuk menahan kenaikkan tingkat suku bunga. Perkembangan akan terus berjalan, yuk kita amati dan cermati pertemuan di Jackson Hole pekan depan,” tambah Pilarmas Investindo Sekuritas.

Baca juga: Yugen: IHSG Tertekan, PWON Hingga KLBF Masuk Menu Saham Pilihan

Pilarmas Investindo Sekuritas menambahkan, Amerika Serikat (AS) lagi lagi main api dengan Taiwan. Bukan masalah kunjungan lagi, tapi sudah menjadi masalah kesepakatan dan komitmen. Wajar saja, tampaknya Tiongkok marah terhadap Amerika yang mengganggu harmoni hubungan Tiongkok dengan Taiwan. Amerika dan Taiwan saat ini telah memulai pembicaraan formal mengenai inisiatif perihal perdagangan dan ekonomi. Pembicaraan ini untuk menindaklanjuti janji yang sebelumnya telah direncanakan untuk mempererat hubungan antara Amerika dan Taiwan. Putaran pertama pembicaraan perdagangan akan dimulai pada awal musim gugur tahun ini. Kantor Perwakilan Dagang Amerika mengatakan bahwa mereka telah memiliki mandate negosiasi untuk pertemuan Inisiatif antara Amerika dan Taiwan yang sebelumnya diumumkan pada bulan Juni.

Lebih lanjut Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan, Kantor Perundingan Perdagangan Taiwan mengatakan bahwa penandatangan perdagangan dengan Amerika tidak hanya membantu Taiwan bergabung dengan Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership, tetapi juga memberikan lebih banyak peluang untuk memperdalam hubungan yang di lembagakan dengan negara lain. “Amerika dan Taiwan terasa bersemangat untuk menjalin hubungan, dan berharap untuk mencapai hasil nyata sesegera mungkin dengan menandatangani perjanjian perdagangan. Pertanyaannya sederhana, sudahkah mereka memikirkan akibatnya?,” jelas Pilarmas Investindo Sekuritas.

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan lima saham pilihan yang berpotensi cuan pada perdagangan hari ini. Kelimanya adalah BBNI, PTBA, TBIG, ERAA, FREN.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com