Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pesawat Garuda Indonesia. (Foto ilustrasi: Ist)

Pesawat Garuda Indonesia. (Foto ilustrasi: Ist)

PKPU Beres, Garuda (GIAA) Mau Cepat-cepat Tambah Pesawat

Senin, 27 Juni 2022 | 14:56 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA – PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) berhasil mencapai penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) dengan lancar setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengesahkan persetujuan rencana perdamaian atau homologasi.

“Alhamdulillah, ternyata tahap ini bisa kita lewati dengan lancar dan tentu saja sesuai dengan kesepakatan atau putusan hari ini, proses restrukturisasi akan kita lanjutkan,” ucap Irfan, Senin (27/6/2022).

Baca juga: Laba BUMN Meroket 1.000%, Jasa Raharja Sumbang Rp 1,6 Triliun

Ia melanjutkan, Garuda memiliki waktu sebanyak 30 hari untuk selanjutnya dapat memfinalisasi semua tagihan kreditur.

“Jadi, Alhamdulillah kita bisa masuk tahap (homologasi) ini walaupun sempat tertunda selama seminggu kemarin. Yang jelas, ke depan kita akan jalankan keputusan pengadilan. Kedua, bisnis as usual kita percepat, terutama terkait penyediaan pesawat yang selama ini ditunggu-ditunggu oleh publik. Kita akan percepat,” terang Irfan.

Sehubungan dengan tercapainya perdamaian ini, maka selanjutnya Garuda akan memperoleh injeksi modal dari pemerintah bila mendapat restu dari DPR RI. “Jadi, dengan tercapainya homologasi ini proses penamanan modal bisa kita lakukan dalam bentuk right issue dan segala macamnya dan ini membutuhkan sedikit proses yang mesti kita finalisasi supaya menjaga governance,” tutur Irfan.

Ia memperkirakan, aksi penggalangan dana berupa right issue tersebut akan dilangsungkan setelah perseroan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST). Sebab, keputusan right issue juga harus mendapat restu dari para pemegang saham. Dengan demikian, right issue akan diumumkan 30 hari setelah capaian homologasi.

Baca juga: Kejagung dan Kementerian BUMN Kolaborasi Bongkar Korupsi Pengadaan Pesawat Garuda (GIAA)

Dengan disahkannya homologasi ini, Irfan memastikan bahwa untuk sementara waktu Garuda tidak akan mengurangi rute-rute saat ini. Soalnya, rute-rute yang diterbangkan perseroan saat ini masuk dalam klasifikasi menguntungkan. Bahkan, perseroan berencana menambahkan frekuensinya di rute-rute tersebut.

Di sisi lain, rute-rute yang sebelumnya mengalami penutupan sementara akan segera dibuka kembali. “Yang jelas, kita masih review satu per satu rutenya sambil melihat permintaan pasar,” ujar Irfan.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com