Menu
Sign in
@ Contact
Search
Agung Sedayu Group menggenggam mayoritas saham PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk (PANI) melalui PT Multi Artha Pratama (MAP). (Foto ilustrasi: Ist)

Agung Sedayu Group menggenggam mayoritas saham PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk (PANI) melalui PT Multi Artha Pratama (MAP). (Foto ilustrasi: Ist)

Pratama Industri (PANI) Umumkan Rights Issue Jumbo Rp 6,5 Triliun, Sahamnya Melambung

Selasa, 2 Agustus 2022 | 12:08 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk (PANI) menggelar penawaran umum terbatas (PUT) I dalam rangka penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Lewat HMETD ini, perseroan menawarkan sebanyak 13,12 miliar saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham, atau mewakili 96,97% dari jumlah saham PANI yang ditempatkan dan disetor penuh setelah PUT I.

Perseroan menetapkan harga pelaksanaan rights issue Rp 500 per saham sehingga jumlahnya mencapai Rp 6,56 triliun.

Baca juga: AirAsia Indonesia (CMPP) Pendapatannya Terbang Tinggi, Bisnis Maskapai Pulih?

Dalam prospektus perseroan, Selasa (2/8/2022), dijelaskan bahwa setiap pemegang saham yang memiliki satu saham yang namanya tercantum dalam daftar pemegang saham (DPS) pada tanggal 10 Agustus 2022 pukul 16.00 WIB berhak atas 32 HMETD, di mana setiap satu HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak satu saham baru dalam PUT I dengan harga sebesar harga pelaksanaan untuk setiap saham, yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan pemesanan pelaksanaan HMETD.

Saham yang ditawarkan dalam rangka PUT I dengan menerbitkan HMETD ini seluruhnya adalah saham baru yang dikeluarkan dari portepel perseroan yang mempunyai hak sama dan sederajat dalam segala hal termasuk hak atas dividen dengan saham lainnya dari perseroan yang telah ditempatkan dan disetor penuh dan akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan OJK No. 32/2015, perseroan telah lebih dahulu memperoleh persetujuan para pemegang saham terkait dengan PUT I perseroan melalui rapat umum pemegang saham (RUPS) yang diselenggarakan pada tanggal 8 Juni 2022.

PT Multi Artha Pratama (MAP) sebagai pemegang saham utama PANI yang memiliki 80% saham dari jumlah modal ditempatkan dan disetor dalam perseroan telah menyatakan akan melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya dalam PUT I sebanyak 10.496.000.000 HMETD.

Apabila Saham Baru yang ditawarkan dalam PUT I ini tidak seluruhnya diambil bagian oleh pemegang sertifikat bukti HMETD (SBHMETD), maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya secara proporsional berdasarkan atas jumlah HMETD yang telah dilaksanakan oleh masing-masing pemegang saham yang meminta penambahan efek berdasarkan harga pelaksanaan.

Apabila setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa saham dari jumlah yang ditawarkan, maka pembeli siaga akan mengambil atau membeli seluruh sisa saham atau sebanyak-banyaknya 2.624.000.000 saham dengan harga sebesar harga pelaksanaan. Adapun pembeli siaganya adalah PT Multi Artha Pratama.

“Pembeli siaga menyatakan memiliki kecukupan dana dan sanggup untuk menjalankan kewajibannya sebagai pembeli siaga. Sumber dana pembeli siaga untuk menjalankan kewajibannya sebagai pembeli siaga dalam PUT I perseroan berasal dari modal sendiri dan pinjaman pihak ketiga serta afiliasi,” jelas prospektus PANI, Selasa (2/8/2022).

MAP sendiri 50% sahamnya dipegang oleh PT Agung Sedayu dan 50% sisanya oleh PT Tunas Mekar Jaya. MAP beralamat di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Seluruh dana yang diperoleh PANI dari PUT I ini, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi yang menjadi kewajiban Perseroan akan digunakan senilai Rp 6,49 triliun untuk investasi dan pengembangan bisnis, yaitu dengan melakukan penyertaan atas saham baru yang akan dikeluarkan oleh PT Bangun Kosambi Sukses (BKS), perusahaan terafiliasi di bidang usaha real estate, sebanyak 104.082 saham baru atau setara dengan 51% dari modal yang ditempatkan dan disetor dalam BKS.

Baca juga: Astrindo (BIPI) Akuisisi PTT Mining Hong Kong, Nilai Transaksi Jumbo!

Selanjutnya BKS akan melakukan investasi dan pengembangan bisnis dengan melakukan penyertaan atas saham baru yang akan dikeluarkan oleh PT Mega Andalan Sukses (MAS) dan PT Cahaya Gemilang Indah Cemerlang (CGIC), yang keduanya merupakan perusahaan terafiliasi di bidang usaha real estate, masing-masing sebanyak 104.082 saham baru atau setara dengan 51% dari modal yang ditempatkan dan disetor masing-masing dalam MAS dan CGIC, dengan nilai sebesar Rp 4,69 triliun akan dialokasikan BKS untuk MAS dan sebesar Rp 1,79 triliun akan dialokasikan BKS untuk CGIC, yang dananya akan dipergunakan MAS dan CGIC untuk pembayaran utang pokok kepada pihak-pihak afiliasi.

Kemudian, sisa dana sebesar Rp 520,41 miliar akan digunakan untuk modal kerja BKS; dan sisanya untuk modal kerja perseroan yang mencakup biaya operasional, seperti biaya gaji, biaya pelatihan karyawan, dan sebagainya.

Adapun pada perdagangan sesi I, Selasa (2/8/2022), saham PANI diparkir di Rp 11.425 atau melesat 9,86%. Dalam satu bulan terakhir saja, PANI juga melambung 128,5%.

Berikut jadwal rights issue PANI:

Tanggal pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK): 29 Juli 2022

Cum-HMETD di pasar reguler dan pasar negosiasi: 8 Agustus 2022

Cum-HMETD di pasar tunai: 10 Agustus 2022

Ex­-HMETD di pasar reguler dan pasar negosiasi: 9 Agustus 2022

Ex-HMETD di pasar tunai: 11 Agustus 2022

Tanggal terakhir pencatatan dalam DPS yang berhak atas HMETD: 10 Agustus 2022

Tanggal distribusi HMETD: 11 Agustus 2022

Tanggal pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia: 12 Agustus 2022

Periode perdagangan SBHMETD: 12-19 Agustus 2022

Periode penyerahan saham hasil pelaksanaan HMETD: 16-23 Agustus 2022

Tanggal terakhir pembayaran pemesanan saham tambahan: 22 Agustus 2022

Tanggal penjatahan pemesanan saham tambahan: 23 Agustus 2022

Tanggal pembayaran penuh oleh pembeli siaga: 24 Agustus 2022

Tanggal pengembalain uang pemesanan saham tambahan: 24 Agustus 2022

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com