Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tangki penyimpanan terlihat di Kilang Los Angeles Marathon Petroleum, yang memproses minyak domestik dan impor ke California Air Resources Board (CARB) di Carson, California, AS pada 11 Maret 2022. Foto diambil dengan drone. (FOTO: REUTERS / Bing Guan / File)

Tangki penyimpanan terlihat di Kilang Los Angeles Marathon Petroleum, yang memproses minyak domestik dan impor ke California Air Resources Board (CARB) di Carson, California, AS pada 11 Maret 2022. Foto diambil dengan drone. (FOTO: REUTERS / Bing Guan / File)

Produksi OPEC+ Meleset Dari Target, Dukung Pergerakan Harga Minyak

Selasa, 20 September 2022 | 11:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Tim Research and Development ICDX mengatakan, harga minyak pagi ini terpantau masih bergerak stabil cenderung bullish. Didukung oleh sejumlah sentimen positif, antara lain produksi OPEC+ yang meleset dari target, rencana Tiongkok untuk mempermudah aturan masuk bagi turis, dan meningkatnya pesimisme akan kelanjutan kesepakatan nuklir Iran.

Tim Research and Development ICDX menyebut, output OPEC+ dilaporkan meleset sebesar 3.58 juta bph dari target produksi yang disepakati untuk bulan Agustus, ungkap dokumen internal OPEC+ pada hari Senin. Data tersebut mengindikasikan bahwa produsen utama seperti Arab Saudi dan UEA belum siap untuk menambah lebih banyak pasokan dalam waktu dekat. Sementara anggota lainnya telah kehabisan kapasitas cadangan.

Baca juga: Minyak Naik Tipis Terdorong Kekhawatiran Ketatnya Pasokan

“Sebelumnya pada bulan Juli, produksi OPEC+ juga meleset sebesar 2.89 juta bph dari target yang disepakati,” tulis Tim Research and Development ICDX dalam risetnya, Selasa (20/9/2022).

Tim Research and Development ICDX menambahkan, turut mendukung pergerakan harga minyak, pemerintah Tiongkok pada hari Senin merilis rancangan aturan yang bertujuan mempermudah beberapa turis asing masuk ke Tiongkok untuk kunjungan wisata di sepanjang perbatasan. Tiongkok telah menutup perbatasan bagi turis asing sejak dimulainya pandemi Covid pada tahun 2020, dan membatasi izin masuk bagi kelompok warga negara asing tertentu, seperti pemegang visa kerja.

Baca juga: Chengdu Mulai New Normal, Harga Minyak Ikut Terdongkrak

“Berita tersebut memicu optimisme akan mendongkrak aktifitas perjalanan yang sekaligus berdampak positif pada permintaan bahan bakar,” tambah Tim Research and Development ICDX.

Tim Research and Development ICDX menjelaskan, sentimen positif lain juga datang dari sinyal pesimisme akan kelanjutan kesepakatan nuklir Iran, yang mengindikasikan terhambatnya peluang Iran untuk kembali ke pasar minyak global dengan kapasitas penuh. Prancis pada hari Senin mengatakan bahwa pihaknya melihat sedikit peluang kemajuan minggu ini, menyusul pernyataan serupa yang dilontarkan sebelumnya oleh Josep Borrell, kebijakan luar negeri Uni Eropa dan sekaligus koordinator negosiasi tersebut. Sebuah sumber yang dekat dengan tim nuklir Iran mengatakan Teheran telah kehilangan minat untuk menghidupkan kembali kesepakatan.

Baca juga: Harga Minyak Naik Tipis, Tapi Catat Penurunan Mingguan

Sementara itu, Departemen Energi AS pada hari Senin mengumumkan akan menjual hingga 10 juta barel minyak dari cadangan darurat negara, untuk pengiriman November. Melalui pernyataan tersebut sekaligus menandakan bahwa rencana perilisan 180 juta barel yang dijadwalkan berakhir pada Oktober menjadi diperpanjang, karena sejauh ini minyak yang dirilis baru mencapai 165 juta barel, ungkap pejabat dari Departemen itu.

“Melihat dari sudut pandang teknis, harga minyak berpotensi menemui posisi resistance terdekat di level US$ 90 per barel. Namun, apabila menemui katalis negatif maka harga berpotensi turun ke support terdekat di level US$ 80 per barel,” tutup Tim Research and Development ICDX.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com