Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Carsome

Ilustrasi Carsome

Raih Pendanaan US$ 200 Juta, Valuasi Carsome Tembus US$ 1,3 Miliar

Kamis, 2 September 2021 | 11:05 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, Investor.id - Carsome Group, platform e-commerce mobil, mengumumkan penutupan putaran pendanaan Seri D2 senilai US$ 170 juta, sehingga berimbas terhadap kenaikan valuasi perusahaan menjadi US$ 1,3 miliar dan memperkuat posisinya sebagai unicorn teknologi terbesar Malaysia.

Hal ini dilengkapi dengan fasilitas kredit terbaru sebesar US$ 30 juta, sehingga total dana yang terkumpul menjadi US$ 200 juta. Putaran Seri D2 yang merupakan investasi ekuitas terbesar dalam sejarah Carsome ini merupakan hasil partisipasi dari satu dana investasi terbesar dan berbagai investor internasional baru, seperti Catcha Group dan MediaTek, serta juga partisipasi yang kuat dari pemegang saham yang ada, termasuk Asia Partners, Gobi Partners, 500 Southeast Asia, Ondine Capital, MUFG Innovation Partners, Daiwa PI Partners dan pemegang saham yang lainnya. Rothschild & Co bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Carsome dalam kesepakatan ini.

Co-Founder and Group CEO Carsome Eric Cheng mengatakan, putaran pendanaan terbaru ini memungkinkan Carsome untuk mempercepat pertumbuhan organiknya dalam bisnis ritel dan pembiayaan mobil. “Kami merasa sangat terhormat dan bersemangat dengan kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh para investor. Kami bersiap untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi sembari meluncurkan platform e-commerce mobil yang terintegrasi di Asia Tenggara, yang sekarang telah diperkuat dengan berbagai kekuatan dalam ekosistem,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (2/9).

Putaran pendanaan terbaru Carsome tersebut, sambungnya, akan memperkuat fokus strategisnya pada pertumbuhan dan perluasan model business-to-consumer (B2C). Pada tahun ini saja, Carsome telah membuka setidaknya tujuh pusat ritel B2C yang dikenal dengan Carsome Experience Center di Malaysia, Indonesia dan Thailand dengan beberapa lagi yang sedang dalam proses untuk dibuka tahun ini.

Selain memajukan pertumbuhan bisnis B2C, pendanaan Seri D2 Carsome juga diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam hal investasi strategis serta merger dan akuisisi. Tahun ini, Carsome telah mengakuisisi seluruh saham di PT Universal Collection, layanan lelang mobil dan motor yang berbasis di Jakarta, serta menjalin kemitraan strategis dengan platform listing dan konten otomotif iCar Asia untuk membangun ekosistem otomotif terbesar di Asia Tenggara, dengan transaksi lebih banyak lagi selama enam bulan kedepan.

Carsome melakukan transaksi lebih dari 100.000 mobil secara tahunan, yang menghasilkan pendapatan sebesar US$ 1 miliar. Carsome adalah platform e-commerce jual-beli mobil bekas yang hadir di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN