Menu
Sign in
@ Contact
Search
IST

IST

Reli Pasar Kripto Mulai Berbalik Arah, Laju Bitcoin Kembali Tertahan?

Senin, 15 Agustus 2022 | 09:50 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Harga Bitcoin, Ethereum dan aset kripto utama lainnya terpantau melaju lesu pada Senin (15/8/2022) pagi ini. Terpantau harga Bitcoin menurunkan kecepatan relinya dan belum berani untuk menembus mendekati harga US$ 25.000.

Dari pantauan CoinMarketCap pada Senin (15/8/2022) pukul 09.00 WIB hanya Bitcoin yang masih mendarat di zona hijau walaupun naik sangat tipis 0,46%. Sementara, kripto big cap lainnya terjebak di zona merah dalam 24 jam terakhir.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono mengatakan, pergerakan yang berbalik arah ini, dimulai setelah BTC gagal mempertahankan posisi di atas US$ 25.000 pada akhir pekan lalu. Banyak yang menduga investor sudah siap untuk melakukan aksi ambil untung, jika BTC tembus area harga BTC US$ 25.000. Akibatnya, ketika tercapai, mereka pun memutuskan untuk tidak lagi melakukan akumulasi.

Baca juga: Reli Kripto Tertahan saat Ethereum Menghijau, Ayo Cari Tahu Penyebabnya

"Meski begitu, secara keseluruhan investor masih tetap memiliki selera untuk melakukan akumulasi kembali di market. Alasannya, investor bakal tetap optimis tentang indikator ekonomi baru-baru ini, yang menunjukkan penurunan inflasi dan kemungkinan resesi yang lebih rendah," katanya, Senin (15/8/2022).

Di samping itu, untuk pertama kali Bitcoin Fear and Greed index berhasil tembus posisi Netral sejak terakhir April 2022. Senin pagi ini, indeks kembali naik ke posisi Fear, tapi masih lebih baik dibanding seminggu terakhir.

Indikator lainnya, pasar kripto masih berpotensi bergerak lebih baik pekan ini adalah indeks BTC Dominance. Investor tampaknya lebih suka akumulasi altcoin ketimbang Bitcoin. Kini indeks dominasi BTC berada di angka 40,1%, menurun drastis dibanding dua bulan lalu yakni 48%.

Baca juga: Daftar Aset Kripto Legal Bertambah, Likuiditas Transaksi Diprediksi Meningkat

Penyebabnya kemungkinan besar adalah disebabkan dari lonjakan harga Ethereum yang terjadi akibat rumor The Merger yang ditunggu-tunggu. Ethereum juga telah menyelesaikan penggabungan jaringan testnet terakhir, Goerli Rabu lalu.

Kemudian, altcoin yang menarik lainnya adalah Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB) yang menjadi pusat perhatian market kripto pagi ini. Betapa tidak, nilai DOGE naik 9,86%, SHIB melonjak 35,2% dan Celcius (CEL) tumbuh 16,77% dalam sehari terakhir.

Nilai SHIB terbang setelah terjadi SHIB burn sebanyak 292 juta keping pada Sabtu (13/8/2022) lalu. Selain itu, market juga mengantisipasi game Shiba Eternity dari pengembang jaringan Shiba Inu. kemudian, Celcius melonjak akibat rumor desas-desus pengambilalihan pengelolaan token oleh Ripple yang ingin membeli aset Celsius Network.

Dari sisi analisis teknikal, Bitcoin sebenarnya punya potensi menguat sampai ke level US$ 25.568, jika berhasil melewati level resistance. Namun, jika BTC gagal menembus tingkat tersebut, maka titik support harian terdekat BTC berada di level US$ 22.530 dan US$ 21.317.

Sementara, gerak Ethereum masih bisa optimis menembus target bullish selanjutnya berada di level US$ 2.009. Level support ETH di level US$ 1.745 untuk menahan laju penurunan harga ETH apabila terjadi.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com