Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Soegiarto di acara Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS) PT Astra International Tbk di Jakarta, Rabu (25/4).  Foto: UTHAN A RACHIM

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Soegiarto di acara Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS) PT Astra International Tbk di Jakarta, Rabu (25/4). Foto: UTHAN A RACHIM

Reputasi Kuat dengan Tata Kelola yang Mumpuni

Parluhutan Situmorang, Jumat, 21 Februari 2020 | 08:13 WIB

JAKARTA, investor.id - Astra International Tbk (ASII) didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada 1990, telah dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk dalam rangka penawaran umum perdana (IPO) saham perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kini, Astra International merupakan salah satu emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di BEI senilai Rp 249,9 triliun. Perseroan memiliki sejumlah bisnis, seperti bidang otomotif, alat berat, kontraktor penambangan batubara, produksi batubara, keuangan, perkebunan, dan infrastruktur.

Berikut sejumlah anak-anak usaha perseroan, yaitu PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) bergerak di bidang agribisnis dengan kepemilikan 80% saham. Lalu, PT Astra Graphia Tbk (ASGR) di bidang teknologi informasi dengan kepemilikan 77% saham. Perseroan juga memiliki PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) dengan kepemilikan 80% saham, PT United Tractors Tbk (UNTR) dengan kepemilikan 60% saham, dan lain-lain.

Perseroan juga berinvestasi di bidang infrastruktur dan logistik melalui PT Astratel Nusantara yang menguasai sejumlah konsesi ruas tol. Perseroan juga mulai gencar berinvestasi di bidang pelabuhan.

Sedangkan di bisnis pembiayaan, perseroan memiliki PT Astra Multi Finance, PT Matra Graha Sarana, dan PT Garda Era Sedaya.

Kegiatan operasional bisnis perseroan tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 235 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, dan didukung oleh 226.105 karyawan berdasarkan data Desember 2019.

Saat ini, Astra International disebut memiliki reputasi yang kuat melalui rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik.

Astra senantiasa bertekad untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Kegiatan di pabrik Astra International. Foto: DAVID
Kegiatan di pabrik Astra International. Foto: DAVID

Karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui sembilan yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan serta pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM).

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki satu dasawarsa dan telah mengapresiasi 305 anak muda, yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi.

Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 86 Kampung Berseri Astra dan 645 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN